Evaluasi Prosedur Dan Perlakuan Akuntansi Untuk Pemasangan Sambungan Baru Jasa PDAM Secara Kredit Di Kota Surakarta

K, Aprilia Fajar (2017) Evaluasi Prosedur Dan Perlakuan Akuntansi Untuk Pemasangan Sambungan Baru Jasa PDAM Secara Kredit Di Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (591Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI PROSEDUR DAN PERLAKUAN AKUNTANSI UNTUK PEMASANGAN SAMBUNGAN BARU JASA PDAM SECARA KREDIT DI KOTA SURAKARTA Aprilia Fajar Kartikasari F3314018 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan air bersih sekaligus menangani pemasangan sambungan air dengan kebijakan pembayaran secara kredit. Semakin bertambahnya jumlah pelanggan PDAM, piutang non-air dari pemasangan sambungan baru otomatis akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi prosedur pemasangan sambungan baru beserta perlakuan akuntansinya, mengingat piutang yang tidak dapat tertagih sangat mungkin terjadi sehingga diperlukan sebuah prosedur untuk menghindari penyalahgunaan terhadap penerimaan kas dari uang muka dan semakin banyaknya jumlah piutang yang tak tertagih PDAM Kota Surakarta. Dalam mengevaluasi prosedur pemasangan sambungan baru secara kredit pada PDAM Kota Surakarta, penulis melakukan penelitian dengan observasi dan wawancara kemudian membandingkannya dengan teori mengenai sistem penjualan kredit yang ada. Hasil dari penelitian tersebut adalah adanya pemisahan wewenang dan tanggung jawab pada tiap-tiap bagian dan pencatatan akuntansinya sudah sesuai dengan SAK ETAP PDAM Kota Surakarta. Namun, masih terdapat beberapa kelemahan seperti adanya keluhan pelanggan mengenai lamanya waktu pemasangan sambungan baru dan belum ada perputaran jabatan secara rutin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prosedur penjualan kredit dari jasa pemasangan sambungan air minum sudah diterapkan PDAM Kota Surakarta dengan cukup baik, akan tetapi penulis menyarankan untuk melakukan konfirmasi dengan pelanggan sesegera mungkin untuk mencegah keluhan pelanggan dan melakukan perputaran jabatan secara rutin. Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Sistem dan Prosedur Penjualan Kredit, dan Perlakuan Akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 03 Sep 2017 02:12
    Last Modified: 03 Sep 2017 02:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34398

    Actions (login required)

    View Item