Sistem Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui e-Registration di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar

Riskawati, Annisa Dwi (2017) Sistem Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui e-Registration di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (547Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANNISA DWI RISKAWATI, D1514010, SISTEM PENDAFTARAN NOMOR POKOK WAJIB PAJAK (NPWP) MELALUI E-REGISTRATION DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA KARANGANYAR, Program Studi Manajemen Administrasi Diploma III Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, 2017, 61 halaman Pajak merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam menunjang pendapatan negara. Modernisasi perpajakan salah satu program yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Pengamatan yang dilakukan sebagai bahan penulisan tugas akhir ini dimaksudkan untuk mengetahui sistem pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak melalui e-Registration, khususnya Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar. Pengamatan ini merupakan pengamatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan Purpasive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumen dan arsip. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis interaktif meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan keimpulan atau verifikasi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sistem pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melalui e-Registration di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar dilaksanakan sesuai dengan yang ada di dalam peraturan perundang-undangan Direktorat Jenderal Pajak dengan surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-20/PJ/2013 mengenai tata cara pendaftaran dan pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak dalam bentuk digital dengan wajib pajak mendaftarkan sendiri secara langsung maupun online melalui aplikasi e-Registration dan melalui pos. Pendaftaran NPWP tersebut di mulai dengan mengakses situs DJP online, Wajib Pajak dapat melakukan registrasi mulai dari pengisian identitas sampai dengan pernyataan yang terdapat di dashboard utama e-Registration, formulir dapat di cetak untuk selanjutnya di kirim atau scan, selanjutnya pemberitahuan permohonan pendaftaran ditolak atau disetujui, apabila disetujui barulah Wajib Pajak diberi SKT, serta menyerahkan dokumen lainnya ke KPP secara langsung maupun pos, dan kartu NPWP dapat di ambil di KPP tempat Wajib Pajak terdaftar. Pendaftaran menggunakan e-Registration sebenarnya mendapat respon cepat dari Kantor Pelayanan Pajak. Akan tetapi penyampaian Surat Keterangan Terdaftar dan Kartu NPWP ketangan Wajib Pajak masih tergolong lama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 03 Sep 2017 02:08
    Last Modified: 03 Sep 2017 02:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34396

    Actions (login required)

    View Item