PENGARUH CAR NPL LDR ROA NIM TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN ( Studi pada perusahaan perbankan yang listing di BEI periode 2014-2016)

W, Andreas Pandu (2017) PENGARUH CAR NPL LDR ROA NIM TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN ( Studi pada perusahaan perbankan yang listing di BEI periode 2014-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (526Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH CAR, NPL, LDR, ROA, NIM TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Periode 2014-2016) Oleh: Andreas Pandu Widhianto NIM.F0313008 Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis apakah ada pengaruh antara CAR, NPL, LDR, ROA, NIM terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014 sampai dengan 2016. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Return On Asset (ROA), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Net Interest Margin (NIM). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel pada penelitian ini diperoleh melalui tekhnik purposive sampling pada perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada kurun waktu 2014 sampai dengan 2016 yang menghasilkan sampel sebanyak 37 perusahaan perbankan. Tekhnik analisis yang digunakan adalah dengan regresi linier berganda dan dalam pengujian hipotesis untuk melihat pengaruh secara simultan menggunakan uji F-statistik dan uji t-statistik untuk pengujian secara parsial dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastisitas dilakukan untuk memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan data tidak terjadi penyimpangan dalam uji asumsi klasik dan data memenuhi persyaratan sebagai model regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan CAR, NPL, LDR, ROA, NIM berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan dengan tingkat pengaruh dalam uji R Square sebesar 34,1%. Dalam uji secara parsial NPL dan ROA memiliki pengaruh terhadap harga saham, sedangkan CAR, LDR, NIM tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Kata Kunci : CAR, NPL, ROA, LDR, NIM, kinerja keuangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 03 Sep 2017 01:52
    Last Modified: 03 Sep 2017 01:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34388

    Actions (login required)

    View Item