Analisis Upaya Perlawanan terhadap Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dalam Perkara Perdata (Studi Putusan Nomor: 326/Pdt/2015/PT.Smg)

Subakti, Alvin Riza (2017) Analisis Upaya Perlawanan terhadap Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dalam Perkara Perdata (Studi Putusan Nomor: 326/Pdt/2015/PT.Smg). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (882Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemeriksaan perlawanan terhadap lelang eksekusi Hak Tanggungan serta menganalisis kesesuaian pertimbangan Hakim dalam menolak perlawanan terhadap lelang eksekusi Hak Tanggungan dalam Putusan Nomor: 326/Pdt/2015/PT.Smg dengan peraturan perundangan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sumber bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan atau studi dokumen. Kajian utama dalam penelitian ini adalah Putusan Nomor 326/Pdt/2015/PT.Smg. Teknik analisi yang digunakan adalah induktif silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa proses pemeriksaan perlawanan terhadap lelang eksekusi Hak Tanggungan sama dengan proses permeriksaan perkara perdata biasa lainnya, yaitu berawal dari gugatan yang didaftarkan ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri, dicatat dan diberi nomor perkara, kemudian diteruskan kepada Ketua Pengadilan, selanjutnya dilakukan penetapan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang, kemudain masuk ke acara persidangan. Acara persidangan diawali dengan proses mediasi terlebih dahulu, setelah itu pembacaan gugatan perlawanan, kemudian adanya jawaban gugatan dari pihak Terlawan, dilanjutkan dengan Replik dan Duplik, pembuktian, kesimpulan, rapat musyawarah Majelis Hakim, dan tahap terakhir adalah Putusan Hakim. Hasil penelitian dan pembahasan selanjutnya menunjukkan pertimbangan Hakim dalam memberi putusan menolak gugatan perlawanan tersebut telah sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam HIR

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Sep 2017 18:02
    Last Modified: 02 Sep 2017 18:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34384

    Actions (login required)

    View Item