Pengembangan Modul Animalia Kontekstual Berbasis Level of Inquiry (LoI) Untuk Memberdayakan Argumentative Skills Siswa SMA di Wilayah Pesisir

Putri, Afifah Eka (2017) Pengembangan Modul Animalia Kontekstual Berbasis Level of Inquiry (LoI) Untuk Memberdayakan Argumentative Skills Siswa SMA di Wilayah Pesisir. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1163Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Karakteristik Modul Animalia Kontekstual berbasis LoI; (2) Kelayakan Modul Animalia Kontekstual berbasis LoI; (3) Keefektifan Modul Animalia Kontekstual berbasis LoI untuk Memberdayakan Argumentative Skills Siswa SMA di Wilayah Pesisir. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (R&D) Borg & Gall (1983) yang telah dimodifikasi menjadi 9 tahapan, yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba lapangan awal yang meliputi validasi dari produk pengembangan oleh ahli materi, ahli media, ahli perangkat pembelajaran, dan ahli bahasa; (5) revisi produk pertama; (6) uji coba lapangan skala kecil oleh praktisi pendidikan, yaitu 3 guru dan 15 siswa kelas X SMA A di Kecamatan Tanjungsari; (7) revisi produk kedua; (8) uji coba operasional dengan subyek sejumlah 29 siswa kelas X-B SMA A di Kecamatan Tanjungsari sebagai kelas eksperimen menggunakan modul Animalia kontekstual berbasis LoI dan 31 siswa kelas X-D SMA A di Kecamatan Tanjungsari sebagai kelas kontrol menggunakan bahan ajar konvensional; (9) revisi produk ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Karakteristik modul Animalia kontekstual berbasis LoI yang dikembangkan sesuai dengan sintaks LoI meliputi tahap observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, dan aplikasi; (2) Modul Animalia kontekstual berbasis LoI dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi dari ahli materi 85,00%, ahli media 91,07%, ahli perangkat pembelajaran 82,00%, ahli bahasa 81,00%, praktisi pendidikan 89,42%, dan siswa 87,67%; (3) Modul Animalia kontekstual berbasis LoI dinyatakan efektif untuk memberdayakan argumentative skills siswa berdasarkan nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi (73,34) dari kelas kontrol (65,93). Berdasarkan hasil uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan nilai posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,02 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah modul Animalia kontekstual berbasis LoI layak digunakan sebagai bahan ajar dan efektif memberdayakan argumentative skills siswa SMA Wilayah Pesisir.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 02 Sep 2017 17:50
    Last Modified: 02 Sep 2017 17:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34380

    Actions (login required)

    View Item