EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN- ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Permanasari , Vita and Sugiarto, Bambang and Kurniawati, Ira (2013) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN- ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1 (1). pp. 1-8.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah di antara pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan pembelajaran dengan pendekatan konvensional yang menghasilkan kemampuan berpikir matematis yang lebih baik pada materi Trigonometri, (2) manakah di antara siswa-siswa dengan kreativitas belajar tinggi, kreativitas belajar sedang, dan kreativitas belajar rendah dalam pembelajaran matematika yang mempunyai kemampuan berpikir matematis yang lebih baik pada materi Trigonometri, (3) manakah di antara pendekatan open-ended dan pendekatan konvensional yang menghasilkan kemampuan berpikir matematis yang lebih baik pada siswa dengan kreativitas belajar tinggi, (4) manakah di antara pendekatan open-ended dan pendekatan konvensional yang menghasilkan kemampuan berpikir matematis yang lebih baik pada siswa dengan kreativitas belajar sedang, (5) manakah di antara pendekatan open-ended dan pendekatan konvensional yang menghasilkan kemampuan berpikir matematis yang lebih baik pada siswa dengan kreativitas belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 1 Karanganyar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang kemampuan awal siswa, metode tes untuk mengumpulkan data mengenai kemampuan berpikir matematis siswa, dan metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kreativitas belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dalam penelitian ini digunakan uji persyaratan eksperimen yaitu uji keseimbangan menggunakan uji-t. Sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji F dan metode Bartlett. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Berpikir Matematis

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Na'imatur Rofiqoh
    Date Deposited: 13 Jul 2013 23:04
    Last Modified: 13 Jul 2013 23:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3437

    Actions (login required)

    View Item