KEBERADAAN MAKAM KYAI RADEN SANTRI DI KEC. MUNTILAN, KAB. MAGELANG (Studi Perkembangan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Gunungpring Tahun 1998-2016)

R, SIPTA DWI NUR (2017) KEBERADAAN MAKAM KYAI RADEN SANTRI DI KEC. MUNTILAN, KAB. MAGELANG (Studi Perkembangan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Gunungpring Tahun 1998-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (180Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sipta Dwi Nur R. C. 0513050. 2017. Keberadaan Makam Kyai Raden Santri Di Kec. Muntilan, Kab. Magelang (Studi Perkembangan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Gunungpring Tahun 1998-2016). Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana latar belakang pembangunan Makam Kyai Raden Santri? (2) Bagaimana pengelolaan Makam Kyai Raden Santri dan pengaruhnya terhadap sosial ekonomi masyarakat Desa Gunungpring dari tahun 1998-2008? (3) Bagaimana perkembangan sosial ekonomi masyarakat Desa Gunungpring dalam kaitan dengan keberadaan Makam Kyai Raden Santri tahun 2009-2016? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui latar belakang pembangunan dari Makam ziarah Kyai Raden Santri. (2) Untuk mengetahui pengelolaan Makam Kyai Raden Santri dan pengaruhnya terhadap sosial ekonomi masyarakat Desa Gunungpring dari tahun 1998-2008. (3) Untuk mengetahui perkembangan sosial ekonomi masyarakat Desa Gunungpring dalam kaitan dengan keberadaan Makam Kyai Raden Santri tahun 2009-2016. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yaitu heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber (kritik Intern dan Ekstern), interpretasi, dan historiografi. Sumber dalam penelitian diperoleh dari arsip-arsip Yayasan Kyai Raden Santri dan Kantor Kelurahan Desa Gunungpring. Dan wawancara dengan berbagai pihak, antara lain ketua pengurus, sekretaris kantor kelurahan, penjaga makam, pedagang keliling makam, pemilik penginapan, dan peziarah. Berdasarkan analisis terhadap sumber yang telah terkumpul, dapat disimpulkan bahwa pembangunan Makam Kyai Raden Santri dilatarbelakangi oleh terbentuknya sebuah organisasi yang khusus menangani makam yang dapat melakukan pengelolaan secara maksimal sehingga terjadi peningkatan jumlah peziarah serta peningkatan pendapatan pengelola. Makam tersebut dikelola oleh Yayasan Kyai Raden Santri sesuai dengan Akta Pendirian No. 3 tanggal 8 Oktober 1992. Yayasan Kyai Raden Santri melakukan pembangunan dan perbaikan makam serta sarana prasarana peziarah. Yayasan terdiri dari 26 pengurus yang terdiri dari dewan pelindung, penasehat, ketua, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi lainnya. Keberadaan Makam Kyai Raden Santri telah mempengaruhi perkembangan sosial ekonomi masyarakat desa Gunungpring. Masyarakat maupun pemerintah desa Gunungpring memanfaatkan peluang-peluang usaha, dengan membangun berbagai macam usaha seperti kios, penginapan, dan tempat parkir sepeda motor. Pemerintah desa Gunungpring juga membangun kios desa dan membangun tempat parkir bus/mobil sehingga dapat menambah pendapatan desa. Oleh karena itu, Makam Kyai Raden Santri telah memberikan pengaruh bagi masyarakat maupun pemerintah desa. Kata Kunci: Sosial Ekonomi, Makam Kyai Raden Santri, Pengelola.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Ilmu Sejarah
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 21:35
    Last Modified: 29 Aug 2017 21:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34368

    Actions (login required)

    View Item