POTENSI MINYAK ATSIRI KULIT JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) UNTUK PENGENDALIAN ULAT KROP KUBIS (CROCIDOLOMIA PAVONANA) (LEPIDOPTERA: PYRALIDAE)

A, NIDIA MELATI AL (2017) POTENSI MINYAK ATSIRI KULIT JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) UNTUK PENGENDALIAN ULAT KROP KUBIS (CROCIDOLOMIA PAVONANA) (LEPIDOPTERA: PYRALIDAE). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (431Kb)

    Abstract

    Ulat kubis (Crocidolomia pavonana) merupakan hama utama pada tanaman keluarga Brassicaceae. Pengendalian dengan menggunakan insektisida kimia yang dilakukan petani dapat menyebabkan resistensi hama. Kulit jeruk nipis apabila dijadikan minyak atsiri diduga dapat menjadi pengendali hama ulat kubis karena mengandung senyawa monoterpena. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2016-Januari 2017. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu konsentrasi minyak atsiri. Parameter penelitian meliputi: mortalitas larva, hambatan aktivitas makan larva, jumlah telur yang diletakkan imago, dan fitotoksisitas minyak atsiri. Mortalitas larva dihitung berdasarkan jumlah larva yang mati selama 4 hari. Hambatan aktivitas makan ulat diketahui dengan menghitung luas daun yang dimakan larva setelah 24 jam. Jumlah koloni telur yang diletakkan imago pada tanaman inang dan dinding kurungan oleh imago betina pada tanaman sawi. Fitotoksisitas untuk melihat pengaruh minyak atsiri kulit jeruk nipis terhadap tanaman sawi uji. Hasil penelitian menunjukan bahwa minyak atsiri kulit jeruk nipis menyebabkan mortalitas larva C. pavonana secara lambat. Hambatan aktivitas makan atau antifeedant akibat minyak atsiri kurang dari 50%. Penghambatan peletakan telur signifikan pada konsentrasi 0,2% sebesar 73,3%, 0,8% dan 1,6% sebesar 80%. Minyak atsiri menyebabkan nekrosis pada daun sawi kurang dari 10%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 21:28
    Last Modified: 29 Aug 2017 21:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34365

    Actions (login required)

    View Item