PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN (Penelitian Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun)

RIYANTO, IAN ALFIAN (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MOTORIK BERBASIS PERMAINAN (Penelitian Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (978Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ian Alfian Riyanto. A121508026. Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Berbasis Permainan (Penelitian Pengembangan Materi Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun). Pembimbing I: Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. Tesis, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan yang sesuai untuk anak sekolah dasar usia 9-10 tahun, (2) menghasilkan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan yang efektif untuk mengembangkan aspek afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D), yang mengadaptasi penelitian pengembangan menurut Borg & Gall dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi desain, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) uji operasional/efektifitas produk (7) pembuatan produk final dan diseminasi. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 22 siswa SD Negeri 3 Jatirejo, Uji coba skala besar dilakukan terhadap 24 siswa SD Negeri 2 Jatirejo, uji operasional/efektifitas produk dilaksanakan di SD Negeri I Jarirejo dengan melibatkan 10 siswa dan SD Negeri 1 Sidokarto dengan melibatkan 15 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara dan observasi, lembar observasi darf model, lembar kuisioner siswa, lembar pengamatan aktifitas siswa, serta tes dan pengukuran keterampilan gerak yaitu dengan TGMD-2 (Test Gross Motor Development-2). Teknik analisis data dengan deskriptif persentase. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan, yang berisikan delapan aktivitas permainan diantaranya (1) Korero Kiri, (2) Half and half Relay’s, (3) Rob the Nest, (4) Mousetrap, (5) Catching with a Partner, (6) Shuttle Passes, (8) Moving Target, (9) Wandering Ball. Produk hasil penelitian pengembangan berupa buku panduan dan dilengkapi video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil validasi ahli darf awal model pembelajaran yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata hasil analisis produk sebesar 79.33 % dengan klasifikasi “baik”. Hasil validasi ahli darf model permainan uji coba skala kecil diperoleh nilai rata-rata hasil analisis produk sebesar 80.26 % dengan klasifikasi “sangat baik”. Hasil validasi ahli darf model permainan uji coba skala besar diperoleh nilai rata-rata hasil analisis produk sebesar 85.88 % dengan klasifikasi “sangat baik”. Data hasil pengamatan dan kuisioner siswa uji coba skala kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar 83.62 % dengan kriteria “ baik”. Data hasil pengamatan dan kuisioner siswa uji coba skala besar diperoleh nilai rata-rata sebesar 86.68 % dengan kriteria “baik sekali”. Hasil analisis uji operasional yang dilakukan dalam pembelajaran terhadap 15 siswa, rata-rata nilai persentase keseluruhan aspek (kognitif, afektif, psikomotorik) tahap pretest nilai yang diperoleh siswa yaitu 63,91% dengan kriteria “kurang”, kemudian setelah diberikan perlakuan pada tahap posttest rata-rata nilai persentase keseluruhan aspek (kognitif, afektif, psikomotorik) nilai yang diperoleh siswa yaitu 85,45% dengan kriteria “baik sekali”. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) pengembangan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan ini sangat sesuai untuk anak sekolah dasar usia 9-10 tahun, (2) pengembangan model pembelajaran keterampilan motorik berbasis permainan ini efektif untuk mengembangkan aspek afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 20:58
    Last Modified: 29 Aug 2017 20:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34358

    Actions (login required)

    View Item