Pengukuran Efisiensi Bank Perkreditan Rakyat Konvensional di Kabupaten Sukoharjo dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) Tahun 2016

APRIANA, DYAH (2017) Pengukuran Efisiensi Bank Perkreditan Rakyat Konvensional di Kabupaten Sukoharjo dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) Tahun 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (604Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat efisiensi dan mengevaluasi kinerja Bank Perkreditan Rakyat konvensional di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2016. Pendekatan yang dipilih adalah pendekatan intermediasi karena lembaga keuangan ini menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat atau badan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah Data Envelopment Analysis (DEA) dalam dua model Constan Return to Scale (CRS) dan Variable Return to Scale (CRS). Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling dengan memasukkan kriteria-kriteria tertentu. Sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 14 bank. Data yang dipakai adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada website resminya. Variabel yang digunakan ialah variabel input dan variabel output. Variabel input terdiri dari beban operasional, aset tetap, dan simpanan. Variabel output terdiri dari total kredit, pendapatan, dan penempatan bank lain. Hasil penelitian menyebutkan bahwa bank yang memiliki tingkat efisien 100% berjumlah 9 bank dan bank yang belum efisien 100% berjumlah 5 dalam model CRS. Sedangkan model VRS menunjukkan bobot efisiensi 100% dicapai oleh 11 bank dan tingkat efisiensi belum tercapai 100% oleh 3 bank. Secara keseluruhan BPR konvensional di wilayah Sukoharjo tahun 2016 belum mencapai tingkat efisiensi dengan model CRS maupun VRS. Saran bagi BPR yang sudah efisien supaya mempertahankan pengelolaan yang sudah optimal. Bagi BPR yang mengalami inefisiensi agar mampu mengoptimalkan penggunaan input-output secara maksimal. Selain itu memperbaiki kebijakan yang menyebabkan inefisiensi pada kegiatan usahanya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 20:47
    Last Modified: 29 Aug 2017 20:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34353

    Actions (login required)

    View Item