ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI DIMENSI TIGA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT (Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mojolaban Kelas X Tahun Ajaran 2011/2012)

Khoiriyah, Nor and Sutopo, and Aryuna, Dyah Ratri (2013) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI DIMENSI TIGA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT (Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mojolaban Kelas X Tahun Ajaran 2011/2012). Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1 (1). pp. 1-13.

[img] PDF - Published Version
Download (115Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) tingkat berpikir siswa SMA berdasarkan teori van Hiele pada materi dimensi tiga dengan gaya kognitif field dependent (FD) dan (2) tingkat berpikir siswa SMA berdasarkan teori van Hiele pada materi dimensi tiga dengan gaya kognitif field independent (FI). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) metode tes dan (2) metode wawancara semi terstruktur yang dilakukan kepada subyek yang telah terpilih. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi waktu untuk subyek tertentu sebagai bagian dari perpanjangan keikutsertaan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Tingkat berpikir subyek FD adalah: (a) SDA berada pada tingkat berpikir visualisasi (tingkat 0) dengan indikator kemampuan adalah subyek dapat mengidentifikasi kedudukan garis-garis sejajar, dan garis-garis berpotongan berdasarkan gambar, (b) SDB dan SDC berada pada tingkat berpikir pra analisis (tingkat 1 yang belum sempurna) dengan indikator kemampuan adalah subyek dapat mengidentifikasi kedudukan garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan, dan garis-garis bersilangan berdasarkan gambar; (2) Tingkat berpikir subyek FI adalah: (a) SIA berada pada tingkat berpikir visualisasi (tingkat 0) dengan indikator kemampuan adalah subyek dapat mengidentifikasi kedudukan garis-garis sejajar dan garis-garis berpotongan berdasarkan gambar, (b) SIB berada pada tingkat berpikir analisis (tingkat 1) dengan indikator kemampuan adalah subyek dapat mengidentifikasi kedudukan garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan, dan garis-garis bersilangan berdasarkan gambar dengan pemahaman konsep dari kedudukan garis-garis sejajar dan garis-garis bersilangan tidak sebatas pada tampilan gambar, serta dapat menentukan proyeksi titik ke garis, (c) SIC berada pada tingkat pra deduksi informal (tingkat 2 yang belum sempurna) dengan kemampuan indikator adalah subyek dapat mengidentifikasi kedudukan garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan, dan garis-garis bersilangan berdasarkan gambar, dapat menyebutkan alasan mengenai kedudukan garis berdasarkan letak bidangnya, serta dapat membuat kesimpulan dengan memberikan penjelasan informal berdasarkan informasi yang diberikan. Kata Kunci: tingkat berpikir, van Hiele, gaya kognitif, field dependent, field independent.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Na'imatur Rofiqoh
    Date Deposited: 13 Jul 2013 22:30
    Last Modified: 13 Jul 2013 22:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3435

    Actions (login required)

    View Item