Evaluasi Prosedur Pengiriman Paket Pos Internasional Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta

PUTRI, RANI APRINDA (2017) Evaluasi Prosedur Pengiriman Paket Pos Internasional Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (662Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI PROSEDUR PENGIRIMAN PAKET POS INTERNASIONAL PADA PT. POS INDONESIA (Persero) SURAKARTA RANI APRINDA PUTRI F3514066 Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tentang prosedur pengiriman paket pos internasional pada PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menjelaskan mengenai prosedur pengiriman paket pos internasional yang diterapkan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta dan kendala terkait prosedur pengiriman paket pos internasional pada PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yang digunakan adalah data sekunder yaitu data prosedur pengiriman paket pos internasional dan prosedur penerimaan paket pos internasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara dan observasi langsung mengenai prosedur pengiriman paket pos internasional pada PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa prosedur pengiriman paket pos internasional yang ada di PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta sudah baik. Namun, pada prosesnya masih terdapat beberapa kendala pada saat proses pengiriman paket pos internasional. Kendala tersebut antara lain adalah barcode kiriman yang diubah pada saat transit barang, kesalahan penyortiran barang yang dilakukan oleh petugas proses, pemeriksaan barang oleh Bea dan Cukai Kantor Pos Solo masih manual, barang kiriman ditahan atau disita oleh pihak Bea dan Cukai, salah salur barang kiriman, selisih kurang barang kiriman, barang kiriman tanpa manifest, serta terdapat barang kiriman yang rusak atau cacat. Oleh karena itu, hal tersebut perlu untuk menjadi perhatian lebih bagi perusahaan nantinya. Saran yang diberikan penulis adalah karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Surakarta harus lebih memperhatikan dan melaksanakan prosedur pengiriman paket pos internasional, dan untuk meminimalisir kendala-kendala dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas pengamanan barang kiriman internasional, peneguran lisan dan tertulis dalam bentuk Surat Peringatan bagi karyawan yang bekerja tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, serta menambahkan SDM atau karyawan pada bagian Bea Cukai dan bagian proses distribusi. Kata Kunci : Prosedur, Distribusi, dan Perusahaan Jasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 19:32
    Last Modified: 29 Aug 2017 19:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34343

    Actions (login required)

    View Item