Prosedur Pemasangan Sambungan, Distribusi, dan Pemutusan Sambungan Air Bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta

P, NOVIRA HYMAS (2017) Prosedur Pemasangan Sambungan, Distribusi, dan Pemutusan Sambungan Air Bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (838Kb)

    Abstract

    ABSTRAK NOVIRA HYMAS PRAMESWARI. D1514075. “PROSEDUR PEMASANGAN SAMBUNGAN, DISTRIBUSI, DAN PEMUTUSAN SAMBUNGAN AIR BERSIH OLEH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SURAKARTA”. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Administrasi Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2017.69 Halaman. Air adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Air sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. PDAM kota Surakarta sebagai BUMD yang bergerak di bidang pelayanan penyediaan air bersih dan layak minum bagi masyarakat dituntut untuk selalu menunjukkan sistem kerja yang baik sehingga kebutuhan masyarakat akan kebutuhan air bersih dapat terpenuhi. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui mendalam mengenai prosedur pemasangan sambungan, distribusi dan pemutusan sambungan air bersih oleh PDAM kota Surakarta yang diharapkan dapat memeberikan manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan dan sebagai sarana untuk memperoleh sebutan Ahli Madya Program studi Manajemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelasmaret Surakarta. Pengamatan yang dilakukan oleh penulis menggunakan teknik wawancara, observasi serta mengkaji dokumen dan arsip yang ada di PDAM kota Surakarta. Sehingga penulis mendapatakan data-data yang terbukti kebenarannya. PDAM kota Surakarta memiliki pelayanan pemasangan sambungan air bersih baru bagi masyarakat di wilayah Surakarta. Selain memberikan pelayanan pemasangan sambungan air bersih PDAM kota Surakarta juga memiliki pelayanan distribusi air bersih yaitu distribusi Air Tangki dan distribusi Air Minum Isi Ulang (AMIU) yang dapat diantarkan langsung ke lokasi pelanggan yang membutuhkan. Pelaksanaan prosedurnya berpedoman pada prosedur yang berlaku supaya terbentuk keselarasan dalam pelaksanaannya. PDAM kota Surakarta memiliki kebijakan yang berlaku bagi seluruh pelanggan pemasangan sambungan air bersih. Kebijakan yang diberlakukan adalah pemutusan sambungan air bersih yang membuat pelanggan tidak bisa menikmati pelayanan air bersih dari PDAM kota Surakarata. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis prosedur pemasangan, distribusi dan pemutusan sambungan air bersih yang ada di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta sudah berjalan dengan baik sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan meskipun terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi namun secara keseluruhan pelaksanaan prosedur bejalan dengan baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 19:21
    Last Modified: 29 Aug 2017 19:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34340

    Actions (login required)

    View Item