Penerapan Manajemen Komplain Pada Layanan Jasa Transportasi PT.Rosalia Indah Transport

S, MARIA MUTYA P (2017) Penerapan Manajemen Komplain Pada Layanan Jasa Transportasi PT.Rosalia Indah Transport. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1940Kb)

    Abstract

    ABSTRAK “PENERAPAN MANAJEMEN KOMPLAIN PADA LAYANAN JASA TRANSPORTASI PT. ROSALIA INDAH TRANSPORT“. MARIA MUTYA PRADIPTA SIKYATMA F3214036 Tujuan dilakukannya pembahasan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen komplain pada layanan jasa transportasi PT. Rosalia Indah Transport di tengah persaingan jasa transportasi yang semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat di bidang jasa transportasi menuntut setiap perusahaan jasa transportasi semakin memberikan pelayanan yang terbaik untuk mempertahankan pelanggannya. Oleh karena itu penerapan manajemen komplain dalam menangani keluhan pelanggan akan menjadi sangat penting bagi perusahaan. Hal ini menjadi sangat penting dalam mewujudkan pelayanan yang semakin baik bagi pengguna jasa, khususnya pengguna jasa transportasi bus PT. Rosalia Indah Transport. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis pembahasan secara deskriptif dengan cara kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data dan kemudian menyajikannya dengan bentuk yang baik dan menjelaskan dengan keadaan yang sebenarnya. Langkah-langkah dalam penerapan manajemen komplain di PT. Rosalia Indah Transport adalah adanya pusat pengaduan yang jelas sehingga memudahkan pelanggan, penerimaan komplain, memahami dan menganalisis komplain yang masuk, penanganan komplain, prosedur lost and found dan meminimalisir kendala yang dihadapi dalam menangani komplain. Kata kunci : Keluhan pelanggan, Manajemen komplain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 18:51
    Last Modified: 29 Aug 2017 18:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34338

    Actions (login required)

    View Item