ANALISIS TINGKAT BRAND AWARENESS PADA PROGRAM RUMAH PANGAN KITA (RPK) DIWILAYAH KERJA PERUM BULOG SUBDIVRE III SURAKARTA

HUTAMA, MARGA ADHI (2017) ANALISIS TINGKAT BRAND AWARENESS PADA PROGRAM RUMAH PANGAN KITA (RPK) DIWILAYAH KERJA PERUM BULOG SUBDIVRE III SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1204Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS TINGKAT BRAND AWARENESS PADA PROGRAM RUMAH PANGAN KITA (RPK) DIWILAYAH KERJA PERUM BULOG SUBDIVRE III SURAKARTA MARGA ADHI HUTAMA F3214035 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Brand awareness pada program Rumah Pangan Kita (RPK) masyarakat Kota Surakarta ditinjau berdasarkan empat tingkatan yaitu Puncak pikiran (Top Of Mind), Pengingatan kembali terhadap merek (Brand Recall), Pengenalan merek (Brand Recognition) dan Tidak menyadari merek (Unaware Of Brand). Untuk populasi yang digunakan adalah masyarakat Kota Surakarta yang terdiri dari lima kecamatan, yaitu Serengan, Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, Banjarsari. Metode penelitian menggunakan survei dengan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik non probability sampling dengan metode convenience sampling. Dalam mengukur tingkat brand awareness pada program Rumah Pangan Kita (RPK) sumber data diperoleh melalui pengumpulan data primer dari kuesioer yang menggunakan analisis deskriptif disajikan dengan pengelompokan atau pemisahan komponen yang relevan dari hasil kuesioner yang telah disebarkan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa program Rumah Pangan Kita (RPK) menempati peringkat ketiga Top Of Mind dengan 17% responden sedangankan untuk Brand Recall berada di peringkat kelima dengan 12% responden. Untuk responden yang perlu diingatkan keberadaan RPK terdapat 24% responden, sedangkan responden yang belum mengenal ataupun mengetahui RPK yaitu sebanyak 53% responden. Dengan demikian, penulis memberikan saran pada perusahaan untuk menambah sarana publisitas pada media cetak maupun elektronik, menggencarkan promosi melalui media sosial, serta menambah sarana sosialisasi langsung pada masyarakat umum agar lebih diingat dan dikenal. Kata kunci : Brand Awareness, Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, Unaware Of Brand ABSTRACT BRAND AWARENESS LEVEL ANALYSIS IN OUR FOOD HOUSEHOLD PROGRAM (RPK) REGION WORK PERUM BULOG SUBDIVRE III SURAKARTA MARGA ADHI HUTAMA F3214035 This study aims to determine the level of Brand awareness in our House Food program (RPK) Surakarta City people reviewed by four levels of Top Peak (Top Of Mind), Brand Recall, Brand Recognition and Unaware Brand. For the population used is the community of Surakarta City consisting of five districts, namely Serengan, Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, Banjarsari. The research method used a survey with samples taken as many as 100 respondents. While the sampling technique used by researchers is non-probability sampling technique with convenience sampling method. In measuring the level of brand awareness in our Food House (RPK) program the data source obtained through primary data collection from the questionnaires using descriptive analysis is presented with the grouping or separation of the relevant components from the results of the questionnaire that has been disseminated. The results of this study found that our Food House (RPK) program ranked third Top Of Mind with 17% of respondents sedangankan for Brand Recall is ranked fifth with 12% of respondents. For respondents who need to be reminded the presence of RPK there are 24% of respondents, while respondents who do not know or know the RPK is as much as 53% of respondents. Therefore, the authors advise the company to add publicity facilities to print and electronic media, intensify promotion through social media, and increase the means of direct socialization to the general public to be more memorable and known. Keywords: Brand Awareness, Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, Unaware Of Brand

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 18:48
    Last Modified: 29 Aug 2017 18:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34337

    Actions (login required)

    View Item