Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Ruang Workshop Pemotongan Pada Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta

M, JUWITA INTAN (2017) Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Ruang Workshop Pemotongan Pada Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (532Kb)

    Abstract

    Penelitian ini berisi tentang penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan SOP sebelum adanya dokumen fisik dan penyusunan SOP ruang workshop pemotongan yang tepat dan efektif untuk diterapkan pada AK-Tekstil Solo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan user dan dosen, observasi dan studi pustaka dari data perusahaan. Analisis data menggunakan metode analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, ruang workshop pemotongan belum terdapat dokumen fisik SOP. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi dokumen SOP dan instruksi kerja yang tepat dan efektif. SOP ruang Workshop Pemotongan disusun sebagai informasi untuk mencengah penyimpangan prosedur dan meminimalisasi terjadinya kecelakaan kerja. Penyusunan SOP ini melalui berbagai tahapan seperti analisis rancangan SOP, observasi terhadap proses praktek, peninjauan kesesuaian alur rancangan SOP dengan hasil observasi proses praktek. Saran yang diberikan untuk Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta yaitu setelah penyusunan SOP hal yang harus diwajibkan adalah penyebaran informasi kepada seluruh pihak yang terkait serta dokumen SOP terbarukan dapat digunakan sebagai acuan pertimbangan untuk digunakan dalam aplikasi ruang workshop pemotongan. Kata kunci: Standar Operasional Prosedur, Flowchart, Instruksi Kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 16:11
    Last Modified: 29 Aug 2017 16:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34328

    Actions (login required)

    View Item