ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL (Studi Evaluatif Komparatif Pada PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Tabungan Negara Periode 2013-2015)

NUGROHO, DWI AGUNG (2017) ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL (Studi Evaluatif Komparatif Pada PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Tabungan Negara Periode 2013-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (757Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL (Studi Evaluatif Komparatif Pada PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Tabungan Negara Periode 2013-2015) DWI AGUNG NUGROHO F3314041 Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah kinerja keuangan pada PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk dengan menggunakan metode CAMEL (Capital, Asset, Management, Earning and Liquidity) berada pada predikat sehat? Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menganalisis/mengetahui kinerja keuangan pada ketiga bank tersebut dengan menggunakan metode CAMEL. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan metode analisis CAR. KAP, NPM, ROA, BOPO, dan LDR. Hasil penilaian kinerja keuangan dengan rasio CAMEL yang menunjukkan bahwa dilihat dari aspek permodalan yang dimiliki oleh PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk ternyata diatas 8%, sehingga PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk memiliki modal yang cukup untuk menutupi segala resiko yang timbul dari penanaman dana dalam aktiva produktif yang menunjang resiko. Kemudian dilihat dari aspek manajemen yang diukur dengan Net Profit Margin ternyata memenuhi ketentuan dari Bank Indonesia dan selain itu dari aspek earning dan likuiditas yang dicapai oleh ketiga bank tersebut sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Dari hasil penilaian kinerja keuangan dan kaitannya dengan rasio CAMEL, maka dapatlah dikatakan bahwa selama 3 tahun terakhir (tahun 2013-2015) yang menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang dicapai oleh PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk berada pada predikat sehat. Kata kunci: kinerja keuangan, Metode CAMEL, dan kesejahteraan perekonomian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 16:08
    Last Modified: 29 Aug 2017 16:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34327

    Actions (login required)

    View Item