PENERAPAN STRATEGI PROMOSI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK CAT PADA PT. INDACO WARNA DUNIA

RIZKI, HERLAMBANG (2017) PENERAPAN STRATEGI PROMOSI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK CAT PADA PT. INDACO WARNA DUNIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (614Kb)

    Abstract

    IMPLEMENTATION OF PROMOTION STRATEGY TO IMPROVE PAINT PRODUCT SELLING IN PT. INDACO WARNA DUNIA HERLAMBANG RIZKI F3514035 This research entitled “IMPLEMENTATION OF PROMOTION STRATEGY TO IMPROVE PAINT PRODUCT SELLING IN PT. INDACO WARNA DUNIA”. This research aimed to find out the promotion strategy applied by PT. Indaco Warna Dunia to improve paint product selling. The methods employed in this research were observation and interview. Promotion activity is the determinant of a successful company. A good and right sales promotion can improve the company’s sale. Promotion activity can also be used as the means of achieving the target specified by the company. Promotion activity conducted by PT. Indaco Warna Dunia included advertising, sale promotion, and public relation. The conclusion that could be drawn from this research was that advertising activity conducted by the company included posting advertisement in billboard, television, social media, and soccer club costume; sales promotion was conducted by offering price discount and present (gift) to the stores and consumers in the end and the promotion must change every month, and the promotion activity conducted through public relation included giving sponsorship to certain events and conducting CSR program in education and health areas. Considering the result of research about promotion activity in PT. Indaco Warna Dunia in improving the sales, the author recommended this company to maximize the promotion in digital and social media and to improve the public relations to make branding in order to improve the sales volume. Keywords: Promotion Strategy, Sales Promotion ABSTRAK PENERAPAN STRATEGI PROMOSI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK CAT PADA PT. INDACO WARNA DUNIA HERLAMBANG RIZKI F3514035 Penelitian ini berjudul “PENERAPAN STRATEGI PROMOSI GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK CAT PADA PT. INDACO WARNA DUNIA”. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang diterapkan oleh PT. Indaco Warna Dunia untuk meningkatkan penjualan produk cat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi dan wawancara. Kegiatan promosi merupakan faktor penentu dari keberhasilan suatu perusahaan. Dengan promosi penjualan yang baik dan benar dapat peningkatkan penjualan perusahaan. Kegiatan promosi juga dapat digunakan perusahaan sebagai alat untuk mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Indaco Warna Dunia adalah periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah adalah periklanan yang dilakukan perusahaan adalah dengan memasang periklanan melalui pemasangan spanduk di billboard, media televisi, media sosial, dan dengan pemasangan iklan di baju klub sepakbola, promosi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan cara menawarkan potongan harga dan hadiah kepada toko dan konsumen akhir dan setiap bulan pasti promosinya akan berganti, dan kegiatan perusahaan melalui kegiatan promosi pada hubungan masyarakat adalah dengan dengan cara memberikan sponsorhip pada acara acara tertentu dan melakukan program CSR pada bidang pendidikan dan kesehatan. Berdasarkan hasil dari penelitian tentang kegiatan promosi pada PT. Indaco Warna Dunia dalam meningkatkan penjualan penulis memberikan saran sebagai berikut: untuk lebih memaksimalkan lagi promosi pada bidang digital dan media sosial dan lebih meningkatkan hubungan masyarakat untuk melakukan branding agar dapat meningkatkan volume penjualan. Kata kunci : Strategi promosi, peningkatan penjualan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 15:57
    Last Modified: 29 Aug 2017 15:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34323

    Actions (login required)

    View Item