EVALUASI EFEKTIVITAS ANGGARAN BELANJA PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2012- 2016

SARI, DITA MEDIANA (2017) EVALUASI EFEKTIVITAS ANGGARAN BELANJA PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (DPPKAD) KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2012- 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (750Kb)

    Abstract

    Anggaran belanja merupakan salah satu komponen yang paling diperhatikan masyarakat dalam laporan keuangan, baik target maupun realisasi/ penyerapan anggaran. Penyerapan anggaran dapat mengidentifikasikan organisasi sektor publik berhasil atau tidak dalam melaksanakan keseluruhan program. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas anggaran belanja pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Boyolali. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara realisasi anggaran dengan target anggaran belanja yang tertera didalam laporan realisasi anggaran DPPKAD Kab. Boyolali selama 5 tahun dari tahun 2012 sampai tahun 2016. Hasilnya diketahui bahwa selama 5 tahun, efektivitas anggaran belanja DPPKAD Kab. Boyolali masuk dalam kriteria cukup efektif. Penyerapan anggaran belanja tidak langsung untuk belanja pegawai masuk kriteria efektif. Namun, belanja langsung untuk program- program DPPKAD hanya masuk dalam kriteria cukup efektif. Padahal komposisi anggaran belanja lebih di dominasi oleh belanja langsung. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti memberikan saran kepada DPPKAD Kab. Boyolali agar lebih matang dalam melakukan proses penganggaran serta meningkatkan konsistensi pelaksanaan program yang menggunakan belanja langsung. Penyerapan anggaran yang efektif menyebabkan program terlaksana penuh dan tingkat akuntabilitas publik meningkat sesuai sasaran DPPKAD Kab. Boyolali. Kata kunci : anggaran belanja, penyerapan anggaran, efektivitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 15:27
    Last Modified: 29 Aug 2017 15:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34317

    Actions (login required)

    View Item