ANALISIS PERBANDINGAN PELAYANAN LISTRIK PASCABAYAR DAN LISTRIK PRABAYAR DARI SEGI MEKANISME DAN BIAYA PADA PT. PLN (PERSERO) AREA MADIUN

M, CHANDRA FALUQI (2017) ANALISIS PERBANDINGAN PELAYANAN LISTRIK PASCABAYAR DAN LISTRIK PRABAYAR DARI SEGI MEKANISME DAN BIAYA PADA PT. PLN (PERSERO) AREA MADIUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (472Kb)

    Abstract

    ABSTRACT ANALYSIS COMPARISON POSTPAID ELECTRICAL SERVICES AND PREPAID ELECTRICITY FROM THE MECHANISM AND THE COST AT PT. PLN (PERSERO) AROUND MADIUN REGENCY CHANDRA FALUQI MAULIDA F3514017 This research aims to determine the advantages and shortage of postpaid electrical services and prepaid electricity at PT. PLN (Persero) around Madiun regency, and determine the differences exist in postpaid electrical services and prepaid electricity at PT. PLN (Persero) around Madiun regency. This research was conducted at PT. PLN (Persero) around madiun regency use of descriptive method of research. Data collection technique by interviews with customer service supervisor of PT. PLN (Persero) around Madiun regency and data collection technique with field observation for one month doing internship to produce information about postpaid electrical services and prepaid electricity at PT. PLN (Persero) around Madiun regency. The results showed that postpaid electrical services and prepaid electricity experience many differences. Differences in postpaid electrical services and prepaid electricity are reviewed in terms of mechanisms include of new connection procedure, meter checking, payment periods, payment points, and power cuts. Differences in postpaid electrical services and prepaid electricity in terms of costs include new connection fees, electricity rates, comparison of usage, late fees and administrative costs of the bank. Based on the discussion and conclusions so that people want to switch to prepaid electricity then there are some suggestions for companies, among others, to socialize to the community, checking the tools used for Prepaid Meters (MPB), and expanding the place of purchase of electrical pulses. Keywords: Service, Quality of Service, Customer Satisfaction ABSTRAK ANALISIS PERBANDINGAN PELAYANAN LISTRIK PASCABAYAR DAN LISTRIK PRABAYAR DARI SEGI MEKANISME DAN BIAYA PADA PT. PLN (PERSERO) AREA MADIUN CHANDRA FALUQI MAULIDA F3514017 Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan pelayanan listrik pascabayar dan listrik prabayar pada PT. PLN (Persero) Area Madiun, selain itu tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui perbedaan yang ada dalam pelayanan listrik pascabayar dan listrik prabayar pada PT. PLN (Persero) Area Madiun. Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (Persero) Area Madiun yang menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data secara wawancara dengan bagian Supervisor Pelayanan Pelanggan PT. PLN (Persero) Area Madiun dan pengumpulan data dengan observasi lapangan selama satu bulan melakukan magang kerja menghasilkan informasi tentang pelayanan listrik pascabayar dan listrik prabayar PT. PLN (Persero) Area Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan listrik pascabayar dengan listrik prabayar banyak mengalami perbedaan. Perbedaan listrik pascabayar dan listrik prabayar ditinjau dari segi mekanisme meliputi prosedur penyambungan baru, pengecekan meter, periode pembayaran, tempat pembayaran, dan pemutusan listrik. Perbedaan listrik pascabayar dan listrik prabayar ditinjau dari segi biaya meliputi biaya penyambungan baru, tarif listrik, perbandingan pemakaian, biaya keterlambatan dan biaya administrasi bank. Berdasarkan pembahasan dan simpulan agar masyarakat mau beralih ke listrik prabayar maka terdapat beberapa saran bagi perusahaan antara lain melakukan sosialisasi ke masyarakat, pengecekan terhadap alat yang digunakan untuk Meter Prabayar (MPB), dan memperluas tempat pembelian pulsa listrik. Kata kunci: Pelayanan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 12:40
    Last Modified: 29 Aug 2017 12:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34301

    Actions (login required)

    View Item