U.S REBALANCE TOWARD ASIA DALAM KEBIJAKAN PERDAGANGAN DI TRANS PACIFIC PARTNERSHIP (TPP) PADA ERA PRESIDEN BARRACK OBAMA

C, ADITYA VERY (2017) U.S REBALANCE TOWARD ASIA DALAM KEBIJAKAN PERDAGANGAN DI TRANS PACIFIC PARTNERSHIP (TPP) PADA ERA PRESIDEN BARRACK OBAMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ADITYA VERY CLEVERINA NIM D0413002, judul skripsi U.S REBALANCE TOWARD ASIA DALAM KEBIJAKAN PERDAGANGAN DI TRANS PACIFIC PARTNERSHIP (TPP) PADA ERA PRESIDEN BARRACK OBAMA. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Amerika Serikat merupakan negara super power di dunia yang mengalami krisis Subprime Mortgage pada tahun 2008. Krisis ini mengakibatkan kejatuhan ekonomi tidak hanya bagi Amerika namun juga dunia. Perubahan arah fokus kebijakan ekonomi perdagangan Amerika ke Asia (Pivot to Asia) dipilih sebagai solusi yang cepat dan tepat agar dapat mempercepat pemulihan pasca krisis. Amerika meyakini Asia adalah kawasan yang tumbuh dengan pesat sehingga mendorong Amerika untuk melakukan penyeimbangan pertumbuhan Asia, dengan menjadikan mitra utama di dalam strategi Rebalance Towards Asia. Strategi ini diimplementasikan salah satunya dengan bergabungnya Amerika Serikat ke dalam Trans Pacific Partnership (TPP) pada tahun 2009. Awal dari TPP adalah inisiasi dari keempat negara anggota APEC yang kemudian diberi nama P4. Semenjak bergabung, selama kurun waktu 2009 – 2016 Amerika Serikat terus berupaya dalam negosiasi baik dari dalam maupun sesama kedua belas negara anggota TPP. Sebagai perjanjian perdagangan terbaru abad – 21, TPP digadang menjadi perjanjian perdagangan paling komprehensif dan terkini. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis rasionalitas Amerika Serikat dalam keanggotaanya di dalam TPP sebagai manifestasi dari adanya strategi Rebalance Towards Asia. Sementara untuk menjelaskan subjek penelitian tersebut, penelitian ini akan menggunakan konsep kepentingan, dengan neoliberalisme dan regionalisme sebagai perspektif dalam metode penelitian deskriptif kualitatif. Sebagai hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa rasionalitas Amerika Serikat dalam TPP adalah untuk dapat membentuk sinergi yang lebih erat antar sesama negara Asia Pasifik dengan menonjolkan kesamaan kepentingan ekonomi. Selain itu, kemampuan Amerika Serikat dalam bernegosiasi dapat mewujudkan beberapa keuntungan bagi Amerika Serikat di dalam keanggotaan TPP. Kata kunci: TPP, Rebalance towards Asia, Asia Pasifik, Rasionalitas Amerika Serikat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 12:33
    Last Modified: 29 Aug 2017 12:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34299

    Actions (login required)

    View Item