Analisis Daya Saing Produk-Produk Ekspor Indonesia Terhadap Produk-Produk Ekspor Negara ASEAN-5 di Pasar China Tahun 2000-2014 (Pendekatan RCA)

M, BIYANTI SITA (2017) Analisis Daya Saing Produk-Produk Ekspor Indonesia Terhadap Produk-Produk Ekspor Negara ASEAN-5 di Pasar China Tahun 2000-2014 (Pendekatan RCA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (878Kb)

    Abstract

    China memiliki pasar yang luas, hal ini menyebabkan China menjadi negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia. Banyak negara yang melakukan ekspor ke China untuk memperluas pasar luar negerinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya saing ekspor pada sektor dan komoditas Indonesia apabila dibandingkan dengan negara ASEAN-5 di pasar China pada tahun 2000-2014 dengan pendekatan RCA. Penelitian ini menggunakan data sekunder time series dengan metode RCA Data diperoleh dari UNComtrade dari tahun 2000-2014 berdasarkan SITC revisi 3 negara ASEAN-6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga sektor memiliki daya saing dan tujuh sektor tidak memiliki day saing. Komoditas Indonesia yang memiliki daya saing yaitu rumput laut, minyak kelapa sawit, minyak bumi dan batubara. Langkah yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah pemerintah harus lebih fokus dalam mendukung dan menjadikan 3 sektor unggulan tidak hanya berdaya saing di pasar China namun juga di negara lain. Diperlukan upaya-upaya yaitu pengembangan produk, pembangunan infrastruktur untuk menciptakan biaya produksi yang murah dan meningkatkan volume produksi. Untuk sektor non-unggulan Indonesia dapat diatasi dengan adanya kemudahan akses dalam pembiayaan bagi industri manufaktur. Selain itu, perlunya adopsi/modifikasi dan penciptaan teknologi baru yang difasilitasi oleh pemerintah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 08:16
    Last Modified: 29 Aug 2017 08:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34288

    Actions (login required)

    View Item