PERILAKU JILBAB DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (STUDI KASUS PERILAKU MEMAKAI JILBAB DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)

IMADUDDIN, HANIF (2017) PERILAKU JILBAB DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (STUDI KASUS PERILAKU MEMAKAI JILBAB DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (997Kb)

    Abstract

    ABSTRAK HANIF IMADUDDIN, D0310025, PERILAKU JILBAB DI UNS (Studi Kasus Perilaku Memakai Jilbab di Kalangan Mahasiswa FKIP UNS). Skripsi, Surakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Perilaku menggunakan jilbab di kalangan mahasiswa FKIP UNS merupakan suatu bentuk penerapan ajaran agama Islam. Perilaku berjilbab dalam penelitian ini merupakan hasil dari pengetahuan agama mahasiswa yang selanjutnya diterapkan di lingkungan FKIP UNS. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan perilaku memakai jilbab mahasiswa FKIP UNS tentang jilbab yang mereka pakai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah informasi dari responden dan informan di lokasi penelitian, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu dengan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Model analisis ini merupakan alur kegiatan yang terjadi bersama-sama serta sebagai proses siklus dan interaktif. Teori yang digunakan adalah Teori Prilaku Sosial dan Teori Modal Kultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan perilaku memakai jilbab mahasiswa FKIP UNS tentang jilbab yang mereka pakai merupakan hasil dari pengetahuan agama tentang hukum berjilbab, kemudian perilaku berjilbab tidak hanya dilakukan di lingkungan kampus melainkan juga diterapkan diluar lingkungan kampus. Motivasi mahasiswa dalam berjilbab adalah agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya, walaupun tren di lingkungan kampus UNS sangat cepat berkembang namun mahasiswa bisa membedakan cara berjilbab yang baik menurut syariat Islam. Selain itu juga untuk menegakkan syariat Islam serta berjilbab merupakan bentuk dari dakwah ajaran Islam di FKIP UNS. Kata Kunci : Perilaku Berjilbab Mahasiswa, Pengetahuan, Jilbab

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 07:39
    Last Modified: 29 Aug 2017 07:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34274

    Actions (login required)

    View Item