ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)

A, LINTANG MAHANANI (2017) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1175Kb)

    Abstract

    Implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada 1 Januari 2014 yang lebih cenderung menggunakan obat-obat generik menyebabkan pasar industri farmasi mengalami perubahan. Perubahan-perubahan tersebut membuat perusahaan farmasi harus menetapkan strategi-strategi khusus untuk dapat terus going concern terutama dalam menghasilkan laba serta menyelesaikan kewajibannya dengan para krediturnya. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) antara sebelum dan sesudah implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terutama dalam kemampuan menghasilkan laba dan menyelesaikan kewajibannya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini dilakukan dengan perhitungan rasio profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas terhadap data yang bersumber dari laporan keuangan dari masing-masing perusahaan farmasi pada tahun 2011-2016. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kinerja keuangan perusahaan farmasi yang tercermin dari rasio-rasio keuangan menunjukan setelah implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terdapat penurunan kinerja keuangan dibandingkan dengan tahun 2011-2013 saat sebelum implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penurunan tersebut dibuktikan dengan menurunnya mayoritas rata-rata rasio keuangan perusahaan antara sebelum dan sesudah implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Saran yang diberikan adalah hendaknya diadakan evaluasi atas kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan serta peningkatan variasi dari produk masing-masing perusahaan farmasi, supaya tujuan implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional dapat tercapai seiring dengan laju pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan yang meningkat. Kata kunci: Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), farmasi, kinerja keuangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 06:49
    Last Modified: 29 Aug 2017 06:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34261

    Actions (login required)

    View Item