PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA JASA LETTER DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS : JALAN KALILARANGAN KELURAHAN JEYENGAN KECAMATAN SERENGAN

PRABOWO, KUSTYANTO (2017) PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA JASA LETTER DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS : JALAN KALILARANGAN KELURAHAN JEYENGAN KECAMATAN SERENGAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (748Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kustyanto Prabowo F0113054 PENGARUH MODAL SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA JASA LETTER DI KOTA SURAKARTA (STUDI KASUS : JALAN KALILARANGAN KECAMATAN JAYENGAN, KELURAHAN SERENGAN). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh modal sosial dan beberapa variabel lainya diantaranya : modal, tingkat pendidikan, jumlah tenaga kerja, jam kerja, dan lama usaha, terhadap pendapatan pengusaha jasa letter di Jalan Kalilarangan, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari sebuah hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner serta pengamatan langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 46 pengusaha jasa letter dengan teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan pengujian statistik dengan bantuan program SPSS 16.0. Dalam menganalisis digunakan teknik analisis regresi linier, Dengan hasil penelitian dengan tingkat signifikansi 5 % secara parsial (uji t) variabel modal dan modal sosial berpengaruh signifikan dan positif terhadap pendapatan pengusaha jasa letter di Kota Surakarta. Sedangkan untuk variabel jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, jam kerja dan lama usaha tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan pengusaha jasa letter di Kota Surakarta. Hasil uji F dengan signifikansi 5% secara bersama – sama variabel modal, tingkat pendidikan, jumlah tenaga kerja, jam kerja, lama usaha, dan modal sosial berpengaruh terhadap pendapatan pengusaha jasa letter di Kota Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan : (1) pengusaha harus aktif untuk menyampaikan aspirasinya mengenai bantuan modal dari pemerintah melalui dinas terkait (2) pengusaha harus lebih berani mencari permodalan dari perbankan atau lainnya (3) Pengusaha perlu untuk menjaga dan memperkuat lagi unsur - unsur yang ada dalam modal sosial dengan kembali mengadakan pertemuan rutin agar terjalin komunikasi antar pengusaha, sehingga dapat memperkuat jaringan dalam paguyuban tersebut (4) Pengusaha dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dengan cara memberikan sikap yang ramah kepada pelanggan serta memberikan informasi yang lengkap kepada calon pelanggan Kata Kunci : pendapatan, pengusaha jasa letter, modal sosial, modal, tingkat pendidikan, jumlah tenaga kerja, jam kerja, lama usaha, proportionate random sampling, analisis regresi linier berganda.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 29 Aug 2017 06:44
    Last Modified: 29 Aug 2017 06:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34259

    Actions (login required)

    View Item