Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017

Nugroho, Aji (2017) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (651Kb)

    Abstract

    Aji Nugroho. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI UPW 2 SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddlemelalui penggunaan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 35 siswa yang seluruhnya perempuan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, siswa dan peneliti,instrument yang digunakan meliputi tes unjuk kerja dan lembar observasi.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle. Hasil belajar tersebut meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor dari 35 siswa hanya 14 siswa yang mencapai KKM atau 40% pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 65,71% atau 23 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 88,57% atau 31 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Dengan demikian penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI UPW 2 SMK Negeri 1 Karanganyar dalam meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle melalui penggunaan alat bantu pembelajaran ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa. Kata Kunci : Lompat tinggi gaya starddle, Alat Bantu Pembelajaran, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 28 Aug 2017 21:56
    Last Modified: 28 Aug 2017 21:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34243

    Actions (login required)

    View Item