Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Bermain Konstruktif Pada Anak Kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016

Isnaini, Reni Dewi Nur (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Bermain Konstruktif Pada Anak Kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1084Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Reni Dewi Nur Isnaini. K8112060. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A1 TK GENTUNGAN 01 MOJOGEDANG KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui bermain kostruktif pada anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Data kuantitatifnya yaitu data hasil tes dengan LKA, hasil unjuk kerja anak serta angket dari orang tua anak. Data kualitatifnya adalah hasil wawancara dengan guru, observasi aktivitas anak dan kinerja guru serta dokumentasi. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Instrumen diuji dengan uji validitas isi dan uji validitas konstruk. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan bermain konstruktif dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dibuktikan peningkatan ketuntasan anak saat prasiklus 7 anak atau 43,75%, siklus I meningkat 10 anak atau 62,5 %, siklus II meningkat 13 anak atau 81%. Kata Kunci: bermain konstruktif, konsep bilangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 28 Aug 2017 11:16
    Last Modified: 23 Jan 2018 01:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34236

    Actions (login required)

    View Item