Evaluasi Sistem Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja bagi Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta

Setiyani, Marina Nur (2017) Evaluasi Sistem Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja bagi Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (493Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI SISTEM KLAIM JAMINAN KECELAKAAN KERJA BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PT. TASPEN (PERSERO) KANTOR CABANG SURAKARTA Marina Nur Setiyanti F3314069 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem dan prosedur klaim jaminan kecelakaan kerja bagi pegawai negeri sipil pada PT. TASPEN (Persero) kantor cabang Surakarta, serta bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang ada dari pelaksanaan sistem klaim jaminan kecelakaan kerja. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengevaluasi unsur-unsur yang membentuk sistem klaim jaminan kecealakaan kerja. Unsur-unsur tersebut berupa bagian atau fungsi yang terkait, dokumen atau formulir yang terkait, catatan akuntansi yang digunakan, serta jaringan prosedur yang membentuk sistem. Dari hasil evaluasi ini, penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan sistem klaim jaminan kecelakaan kerja bagi pegawai negeri sipil pada PT. TASPEN (Persero) secara keseluruhan sudah baik. Kelebihan dari sistem tersebut adalah adanya penggunaan aplikasi online dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan penyelesaian klaim, syarat-syarat yang tidak menyulitkan pemohon, dokumen yang memiliki format penulisan yang baik serta dapat diunduh dengan mudah pada website resmi perusahaan, catatan akuntansi yang dilakukan secara komputerisasi, adanya otorisasi yang hanya dapat dilakukan oleh petugas yang berwenang dan adanya SOP (Standart Operating Procedure) yang digunakan sebagai acuan. Meskipun demikian, terdapat kelemahan dalam penggunaan aplikasi online milik PT. TASPEN (Persero) yang disebut ACB (Application Core Bussines). Aplikasi berbasis online ini langsung terhubung dengan kantor pusat di Jakarta dimana semua data peserta klaim disimpan. Sehingga jika pusat mengalami gangguan akan berdampak proses penyelesaian klaim pada kantor cabang di Surakarta juga ikut terganggu. Selain itu hanya ada satu petugas Account Officer yang menangani semua klaim jaminan kecelakaan kerja. Hal ini disebabkan karena belum adanya seleksi dan pelatihan bagi petugas lain untuk menjadi Account Officer. Berdasarkan penelitian tersebut, penulis memberikan saran atas penggunaan aplikasi online jika sedang mengalami gangguan agar petugas melakukan prioritas pekerjaan atau melakukan penyelesaian klaim terlebih dahulu. Kemudian untuk Kepala PT. TASPEN (Persero) kantor cabang Surakarta agar segera merekomendasikan petugas yang sesuai untuk mengikuti seleksi dan pelatihan sebagai Account Officer. Kata kunci : Sistem, Jaminan Kecelakaan Kerja, Pegawai Negeri Sipil

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 24 Aug 2017 13:38
    Last Modified: 24 Aug 2017 13:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34191

    Actions (login required)

    View Item