Analisis Perbandingan Kinerja Bank Berdasarkan Ukuran Bank ( Studi Pada Bank Umum Swasta Nasional yang Terdaftar di Bi dan OJK Periode Tahun 2005 - 2015)

NUGROHO, ANGGER (2017) Analisis Perbandingan Kinerja Bank Berdasarkan Ukuran Bank ( Studi Pada Bank Umum Swasta Nasional yang Terdaftar di Bi dan OJK Periode Tahun 2005 - 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja perbankan yang terdaftar di Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan setiap ukurannya. Variabel dependen adalah rasio-rasio risiko yang berimplikasi kepada kinerja bank, sedangkan variabel independen adalah ukuran bank. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio ROE, NPL, CAR, LDR bank umum swasta nasional yang terdaftar di Bank Indonesia dan Otoritas jasa keuangan periode 2005-2015. Pengujian hipotesis akan dibagi menjadi empat yaitu untuk membedakan masing-masing rasio dengan setiap ukuran bank (besar, menengah, kecil). Metode penelitian menggunakan teknik analisis statistik uji beda Mann-Whitney Test untuk menguji tiap hipotesis karena data tidak berdistribusi normal. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja yang diukur oleh ROE antara bank besar, menengah dan kecil. Sedangkan pada risiko kredit tidak ditemukan perbedaan di setiap ukuran bank. Selanjutnya pada rasio permodalan CAR hanya bank besar dan bank menengah yang memiliki perbedaan yang signifikan walapun secara rata-rata bank kecil memiliki rasio permodalan yang paling tinggi diikuti bank besar dan terekhir bank menengah. Sektor likuiditas bank LDR juga diuji sehingga terdapat perbedaan antara likuiditas bank besar dan bank kecil serta pengujian pada bank menengah dan bank kecil, namun pada bank besar dan bank menengah tidak ditemukan perbedaan rasio likuiditas secara signifikan. Secara keseluruhan terlihat bahwa setiap ukuran bank memiliki kemampuan dan juga risiko kredit yang hampir sama, perbedaan justru terjadi pada bagaimana bank mengelola dana modal serta dana pihak ketiga sehingga bank mampu memaksimalkan returnnya. Kata kunci: ukuran bank, kinerja bank, ROE, NPL, CAR, LDR

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 22 Aug 2017 07:49
    Last Modified: 22 Aug 2017 07:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34173

    Actions (login required)

    View Item