PROSEDUR EVALUASI KEGIATAN PEMBANGUNAN DAN ANGGARAN SKPD DI BADAN PERENCANAAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH KABUPATEN KLATEN

MEGASARI, DIAH (2017) PROSEDUR EVALUASI KEGIATAN PEMBANGUNAN DAN ANGGARAN SKPD DI BADAN PERENCANAAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH KABUPATEN KLATEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (813Kb)

    Abstract

    ABSTRAK DIAH MEGASARI, D1514031, 2017 “PROSEDUR EVALUASI KEGIATAN PEMBANGUNAN DAN ANGGARAN SKPD DI BAPPEDA KABUPATEN KLATEN”, TUGAS AKHIR : PROGRAM DIPLOMA III MANAJEMEN ADMINISTRASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA, 69 HALAMAN. Setiap kegiatan pembangunan dan anggaran membutuhkan sebuah evaluasi setiap tahunnya untuk membantu pegawai BAPPEDA dalam melaksanakan perencanaan pembangunan pada periode berikutnya maka dilakukannya evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD. Karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan, pembangunan sudah sesuai target atau belum, dapat mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan, sehingga diwaktu yang akan datang supaya pembiayaan lebih efisien dan efektive, dapat mengetahui pembangunan tersebut sudah bermanfaat baik untuk masayarakat. Tanpa adanya evaluasi, maka tidak akan bisa mengetahui semua itu maka diperlukan evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD dan menggunakan prosedur yang baik sesuai dengan ketentuan agar mempermudah pegawai dalam melakukan evaluasi tersebut. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui tentang prosedur evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD yang ada di BAPPEDA Kabupaten Klaten. Jenis pengamatan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Wawancara dilakukan dengan sumber informan yang dianggap mengetahui informasi mengenai hal yang diamati. Metode observasi yang digunakan yaitu observasi berperan aktif. Hasil pengamatan menunjukan bahwa prosedur evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD di BAPPEDA Kabupaten Klaten terdapat empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan tahap evaluasi dan menggunakan teknik evaluasi kuesioner dan monitoring atau pengamatan langsung kelapangan. Kesimpulan yang diambil dalam pengamatan Prosedur evaluasi kegiatan pembangunan dan anggaran SKPD terdapat kendala dalam pengumpulan berkas tetapi dengan adanya masalah tersebut prosedur evaluasi tetap berjalan dengan lancar. Rekomendasi diutamakan untuk BAPPEDA Kabupaten Klaten untuk melakukan observasi pembangunan dan anggaran diperlukan sebuah aplikasi komputer yang bisa berupa e-monev untuk peningkatan dalam melakukan evaluasi supaya lebih efisien. Kata kunci : Anggaran, Evaluasi, Pembangunan, Prosedur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 22 Aug 2017 07:34
    Last Modified: 22 Aug 2017 07:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34167

    Actions (login required)

    View Item