PERSEPSI ORIENTASI ETIKA, PERSEPSI INTENSITAS MORAL DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN ETIS OLEH APARAT PENGAWASAN INTERNAL PEMERINTAH: APAKAH PENGAWAS YANG IDEALIS AKAN BERPERILAKU ETIS? (Studi Empiris pada Inspektorat Kabupaten/ Kota se-Subosukawonosraten)

HANDOKO, CICUK DWI (2017) PERSEPSI ORIENTASI ETIKA, PERSEPSI INTENSITAS MORAL DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN ETIS OLEH APARAT PENGAWASAN INTERNAL PEMERINTAH: APAKAH PENGAWAS YANG IDEALIS AKAN BERPERILAKU ETIS? (Studi Empiris pada Inspektorat Kabupaten/ Kota se-Subosukawonosraten). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (157Kb)

    Abstract

    PERSEPSIORIENTASI ETIKA, PERSEPSI INTENSITAS MORAL DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN ETIS OLEH APARAT PENGAWASAN INTERNAL PEMERINTAH: APAKAH AUDITOR YANG IDEALIS AKAN BERPERILAKU ETIS? (Studi Empiris pada Inspektorat Kabupaten/ Kota se-Subosukawonosraten) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh persepsi orientasi etika (idealisme dan relativisme) dan persepsi intensitas moral terhadap proses pembuatan keputusan etis auditor/ pengawas internal pemerintah daerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primerdengan responden 153 auditor/ pengawas Inspektorat di wilayah Subosukawonosraten. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisisStructural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa tingkatpersepsiidealisme auditor/ pengawas berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap pembuatan keputusan etis auditor/ pengawas melalui persepsi intensitas moral sebagai variabel mediasi. Sebaliknya, persepsi tingkat idealisme dan relativisme auditor/ pengawas tidak berpengaruh langsung terhadap pembuatan keputusan etis auditor/ pengawas.Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat idealisme auditor/ pengawas, maka persepsi intensitas moralnya juga akan semakin tinggi dan akan lebih cenderung berperilaku etis. Kata Kunci: orientasi etika, persepsi intensitas moral, pembuatan keputusan etis.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 22 Aug 2017 06:44
    Last Modified: 22 Aug 2017 07:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34151

    Actions (login required)

    View Item