Evaluasi Peningkatan Jumlah Pelanggan Atas Program Sambungan Baru Terhadap Pendapatan Periode 2014-2016 Pada PDAM Tirta Lawu Karanganyar

PRATIWI, ANJAR (2017) Evaluasi Peningkatan Jumlah Pelanggan Atas Program Sambungan Baru Terhadap Pendapatan Periode 2014-2016 Pada PDAM Tirta Lawu Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (472Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN ATAS PROGRAM SAMBUNGAN BARU TERHADAP PENDAPATAN PERIODE 2014-2016 PADA PDAM TIRTA LAWU KARANGANYAR Anjar Pratiwi F3314017 Peningkatan jumlah pelanggan atas program sambungan baru merupakan suatu keberhasilan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan jumlah pelanggan PDAM Tirta Lawu Karanganyar dalam kurun waktu tertentu, mengetahui tingkat pertumbuhan pendapatan dan juga bagaimana langkah yang dilakukan dalam mencapai program yang telah direncanakan. Langkah yang ditempuh adalah menghitung tingkat ketercapaian pelanggan dan tingkat pertumbuhan pendapatan. Berdasarkan hasil evaluasi dapat diketahui bahwa peningkatan jumlah pelanggan sudah memenuhi target, peningkatan pelanggan yang dicapai secara langsung berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh, dalam hal ini keberhasilan yang dicapai perusahaan tidak terlepas dari kerjasama seluruh pihak yang bersangkutan seperti upaya peningkatan pelanggan sambungan baru dengan baik, jelas serta terstruktur dan meminimalisasi tingkat kesalahan yang akan terjadi. Saran yang diberikan adalah meningkatkan kualitas pelayanan bagi pelanggan, mempertahankan kualitas kinerja dalam menyelesaikan keluhan pelanggan dan pemenuhan permintaan pelanggan karena kualitas pelayanan yang baik akan berpengaruh kepada tingkat kepuasan para pelanggan. Kata kunci: PDAM , program sambungan baru.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 08 Aug 2017 07:19
    Last Modified: 08 Aug 2017 07:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34102

    Actions (login required)

    View Item