KAJIAN PROSEDUR PELAPORAN DAN PENANGANAN KLAIM ASURANSI TOTAL LOSS ONLY KENDARAAN BERMOTOR (Studi di PT Asuransi Jasa Indonesia {Persero} Cabang Surakarta)

Putri, Adisty Ananda (2017) KAJIAN PROSEDUR PELAPORAN DAN PENANGANAN KLAIM ASURANSI TOTAL LOSS ONLY KENDARAAN BERMOTOR (Studi di PT Asuransi Jasa Indonesia {Persero} Cabang Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (822Kb)

    Abstract

    Adisty Ananda Putri. 2017. E0013015. KAJIAN PROSEDUR PELAPORAN DAN PENANGANAN KLAIM ASURANSI TOTAL LOSS ONLY KENDARAAN BERMOTOR (Studi di PT Asuransi Jasa Indonesia {Persero} Cabang Surakarta). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prosedur pelaporan pemberitahuan ganti kerugian dan penanganan klaim asuransi total loss only dan hambatan yang timbul dalam pelaksanaan prosedur pelaporan dan penanganan klaim asuransi total loss only PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) cabang Surakarta beserta solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data meliputi data primer yang diambil melalui wawancara dengan Bagian Klaim dan data sekunder berdasarkan literatur yang relevan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif. Pada pelaksanaan prosedur pelaporan tertanggung dapat melaporkan kepada penanggung, bengkel yang ditunjuk atau menghubungi pialang/agen asuransi. Tahapan penanganan klaim meliputi survei kerusakan, analisa klaim, perbaikan kendaraan di bengkel dan pembayaran klaim. Hambatan dalam pelaksanaan pelaporan dan penanganan klaim mencakup penyampaian informasi pemberitahuan oleh tertanggung yang tidak sesuai dengan fakta dan kurangnya pemahaman akan polis oleh tertanggung. Solusi bagi hambatan pada pelaksanaan prosedur pelaporan adalah penanggung harus bersikap lebih waspada terhadap tertanggung yang berindikasi tidak mempunyai itikad baik, bagi tertanggung maupun tertanggung harus bersikap proaktif melakukan penggalian informasi mengenai sehingga dapat meminimalisir multitafsir mengenai isi polis. Hambatan pada pelaksaanaan penanganan klaim mencakup proses pengajuan klaim ke kantor pusat yang lama dan pembuatan estimasi perbaikan yang lama oleh bengkel. Solusi bagi hambatan dalam tahapan penanganan klaim adalah menunjuk perusahaan penilai kerugian asuransi, memberikan teguran kepada pihak bengkel agar dapat membuat estimasi perbaikan dalam waktu yang efisien. Kata Kunci: Asuransi, Klaim, Total Loss Only, dan Kendaraan Bermotor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 05 Aug 2017 07:01
    Last Modified: 08 Aug 2017 06:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34094

    Actions (login required)

    View Item