REPRESENTASI REMAJA PUTRI METROPOLITAN ( Analisis semiotika Representasi Remaja Putri Metropolitan pada Iklan Produk Fashion di Majalah GADIS edisi Agustus - Desember 2009 )

ANITA SARI, DEWI (2010) REPRESENTASI REMAJA PUTRI METROPOLITAN ( Analisis semiotika Representasi Remaja Putri Metropolitan pada Iklan Produk Fashion di Majalah GADIS edisi Agustus - Desember 2009 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (800Kb)

    Abstract

    Penelitian ini berjudul Representasi Remaja Putri Metropolitan (Analisis semiotika Representasi Remaja Putri Metropolitan pada Iklan Produk Fashion di Majalah GADIS edisi Agustus-Desember 2009). Iklan merupakan unsur budaya yang sangat mengagumkan karena kemampuannya merefleksi dan merubah gaya hidup masyarakat. Iklan juga menjadi salah satu sumber kehidupan bagi beberapa media, salah satunya adalah majalah. Majalah di design sedemikian menarik dan ditujukan kepada kaum muda. Kebanyakan majalah tersebut berisikan informasi yang berhubungan dengan penampilan yang sedang menjadi trend masa kini. Demikian juga pada iklan dimedia cetak yang dibuat sehidup mungkin, agar produknya dapat dilirik oleh para konsumennya. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui representasi remaja putri metropolitan dalam iklan produk fashion di iklan majalah GADIS. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika. Metode analisis semiotika tersebut dijadikan alat ukur menterjemahkan makna dan simbol-simbol yang ada pada iklan cetak produk fashion dalam iklan majalah GADIS. Analisis semiotika yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis semiotika milik Roland Barthes. Barthes sebagian besar kajian penelitiannya mengangkat tematema budaya pop yang dekat dengan keseharian budaya kita. Barthes membagi analisanya menjadi dua tingkatan makna, yaitu makna denotasi (pemaknaan yang sebenarnya) dan makna konotasi makna tersebut berkaitan dengan mitos, yakni pengkodean makna dan nilai-nilai sosial (pemaknaan yang secara tidak langsung berasal dari intepretasi orang lain). Objek dalam penelitian ini adalah iklan produk fashion di majalah GADIS edisi Agustus-Desember 2009. Jumlah korpus dalam penelitian ini adalah 10 buah. Adapun pemilihan majalah GADIS untuk penelitian ini dikarenakan majalah ini mempunyai kelengkapan dan kedalaman isi yang lebih baik daripada majalah putri lainnya. Selain itu majalah ini terbit setiap 10 hari sekali, sehingga isi majalah selalu menampilkan inovasi-inovasi style baik rambut atau pakaian selalu up to date daripada majalah remaja lainnya sehingga para remaja dapat dengan mudah mendapatkan info terbaru tentang dunia remaja. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini, bahwasanya pada iklan cetak dimajalah GADIS ini telah merepresentasikan remaja putri metropolitan, baik dari segi fashion maupun dari segi gaya yang mereka tunjukan dalam iklan tersebut. Dan keseluruhan korpus yang diteliti sudah banyak ditiru oleh remaja-remaja putri di kota-kota metropolitan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Users 830 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 21:58
    Last Modified: 13 Jul 2013 21:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3409

    Actions (login required)

    View Item