PENGARUH PEMAKAIAN BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM ETANOL TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR BERKAPASITAS 100 CC DENGAN RASIO KOMPRESI 9

SEPTA, EVAN SATYA (2017) PENGARUH PEMAKAIAN BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM ETANOL TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SEPEDA MOTOR BERKAPASITAS 100 CC DENGAN RASIO KOMPRESI 9. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Persediaan bahan bakar fosil semakin menipis dan tidak dapat diperbarui. Untuk itu perlu mencari alternatif bahan bakar yang terbarukan dan ramah lingkungan. Salah satu bahan bakar yang dapat digunakan untuk mesin kendaraan adalah bahan bakar etanol. Etanol merupakan bahan bakar yang dibuat dari distilasi bahan nabati yang mengandung karbohidrat. Sehingga ketersediaannya bisa diperbarui. Dalam skripsi ini akan dilakukan pengujian bahan bakar bensin (E0), campuran etanol 5% (E5), etanol 10% (E10), etanol 15% (E15) terhadap unjuk kerja mesin 100cc dengan rasio kompresi 9. Unjuk kerja yang dicari adalah Torsi, Daya, efisiensi termal, BMEP, dan BSFC. Pengujian dilakukan dengan dynamometer on chassis type generator AC.. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan , bahan bakar campuran etanol menghasilkan unjuk kerja mesin yang lebih baik daripada bahan bakar premium. Bahan bakar campuran etanol yang menghasilkan unjuk kerja terbaik untuk mesin 100 cc dengan rasio kompresi 9 adalah bahan bakar E5.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Mesin
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 23 Jul 2017 13:15
    Last Modified: 23 Jul 2017 13:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34085

    Actions (login required)

    View Item