TANGGUNG JAWAB KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MADIUN DALAM PENERBITAN SERTIFIKAN HAK ATAS TANAH DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH

PRIHARTATIK, ATIK (2017) TANGGUNG JAWAB KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MADIUN DALAM PENERBITAN SERTIFIKAN HAK ATAS TANAH DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (73Kb)

    Abstract

    Abstrak Atik Prihartatik, S. 351502010, 2017, “TANGGUNG JAWAB KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MADIUN DALAM PENERBITAN SERTIPIKAT HAK ATAS TANAH DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH”. Tesis: Program Magister Kenotariatan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang Tanggung Jawab Kantor Pertanahan terhadap Produk sertipikat yang dihasilkan yang cacat hukum serta Perlindungan Hukum Pemegang Sertipikat Hak Atas Tanah. Jenis penelitian hukum ini adalah sosiologis atau non doktrinal. Jenis data meliputi data primer dan data sekunder, sumber data meliputi Sumber Data Primer dan Sumber Data Sekunder yang meliputi Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum Sekunder dan Bahan Hukum Tersier. Metode pengumpulan data melalui metode Wawancara, Studi Pustaka. Analisis data yang dipergunakan analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sertifikat merupakan produk hukum Pejabat Tata Usaha Negara dalam hal ini Kantor Pertanahan Nasional, oleh karenanya Kantor Pertanahan bertanggung jawab atas segala permasalahan yang terjadi berkaitan dengan Sertifikat Hak atas tanah. .Perlindungan hukum yang diberikan terhadap pemegang sertipikat yang diterbitkan sama halnya dengan perlindungan hukum terhadap pemegang sertipikat hak atas tanah pada umumnya, dimana sertipikat tanah merupakan alat bukti yang kuat, yang memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi pemiliknya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 23 Jul 2017 12:47
    Last Modified: 23 Jul 2017 12:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34079

    Actions (login required)

    View Item