Pengaruh Karakteristik Inovasi dan Sistem Sosial terhadap Tingkat Adopsi Teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Padi di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar

NURMASTITI, ARDELA (2017) Pengaruh Karakteristik Inovasi dan Sistem Sosial terhadap Tingkat Adopsi Teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Padi di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (106Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik inovasi dan sistem sosial terhadap tingkat adopsi teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) padi di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Metode dasar penelitian adalah metode eksplanatori dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Kebakkramat adalah salah satu kecamatan yang menerapkan program Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) dan kecamatan tersebut memiliki produktivitas padi terendah diantara kedua kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Tasikmadu dan Kecamatan Jaten yang melaksanakan Program GP-PTT di Kabupaten Karanganyar. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, dengan jumlah sampel 60 petani. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara karakteristik inovasi, sistem sosial dan motivasi secara simultan terhadap adopsi inovasi pengelolaan tanaman terpadu. (2) terdapat pengaruh signifikan antara karakteristik inovasi terhadap adopsi inovasi pengelolaan tanaman terpadu, terdapat pengaruh signifikan antara sistem sosial terhadap adopsi inovasi pengelolaan tanaman terpadu dan terdapat pengaruh signifikan antara motivasi terhadap adopsi inovasi pengelolaan tanaman terpadu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 23 Jul 2017 12:22
    Last Modified: 23 Jul 2017 12:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34076

    Actions (login required)

    View Item