STUDI PERBANDINGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA EMPAT KATEGORI MATA PELAJARAN YANG BERBEDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

PUTRAYASA, ILHAM BERLIAN (2017) STUDI PERBANDINGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA EMPAT KATEGORI MATA PELAJARAN YANG BERBEDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (995Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa yang signifikan antara empat kategori mata pelajaran yang berbeda, yaitu: Ilmu Ukur Tanah (praktik), Gambar Teknik (gambar), Konstruksi Bangunan (teori), dan Mekanika Teknik (hitungan), apabila menerapkan tipe Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel adalah kelas X TGB-A SMK Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa menggunakan tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalan dengan sel sama pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan yaitu: Terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang signifikan pada keempat kategori mata pelajaran yang berbeda, yaitu: Ilmu Ukur Tanah (praktik), Gambar Teknik (gambar), Konstruksi Bangunan (teori), dan Mekanika Teknik (hitungan), apabila menerapkan tipe Numbered Head Together. Diantara empat kategori mata pelajaran tersebut, mata pelajaran Gambar Teknik (gambar) memperoleh nilai rerata kemampuan kognitif paling baik yaitu 91,200, apabila menerapkan tipe Numbered Head Together. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tipe Numbered Head Together paling efektif meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik (gambar). Kata Kunci: Numbered Head Together, Kemampuan Kognitif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 23 Jul 2017 10:11
    Last Modified: 23 Jul 2017 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34069

    Actions (login required)

    View Item