HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI PENSIUN PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN SLEMAN

Iwanda, Idwina Arum (2017) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI PENSIUN PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN SLEMAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (480Kb)

    Abstract

    Kecemasan menghadapi masa pensiun merupakan perasaan gelisah yang timbul ketika seorang pegawai mulai mendekati masa pensiunnya. Hal ini dapat diakibatkan oleh pensiun yang tidak terelakkan meski pegawai merasa enggan untuk meninggalkan pekerjaannya. Keterlibatan kerja dan kepuasan kerja diprediksi sebagai sumber dari keengganan pegawai untuk meninggalkan pekerjaannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2016 di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi penelitian berjumlah 717 orang pegawai negeri sipil yang akan pensiun pada tahun 2020 dengan sampel sejumlah 89 pegawai. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling insidental dengan tidak adanya pekerjaan sampingan sebagai kriteria eksklusi. Pengambilan data dilakukan dengan skala Likert yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Subjek penelitian mengisi tiga buah skala yang meliputi skala kecemasan menghadapi pensiun, skala keterlibatan kerja, dan skala kepuasan kerja. Data selanjutnya dianalisis dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 19. Hasil penghitungan data menunjukkan adanya hubungan antara keterlibatan kerja dan kepuasan kerja dengan kecemasan menghadapi pensiun. Berlawanan dengan hipotesis awal, kepuasan kerja diketahui memiliki hubungan negatif sementara keterlibatan kerja tidak berhubungan secara tersendiri dengan kecemasan menghadapi pensiun. Kata Kunci : Kecemasan, pensiun, keterlibatan kerja, kepuasan kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 23 Jul 2017 09:49
    Last Modified: 23 Jul 2017 09:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34064

    Actions (login required)

    View Item