PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP SHOOTING THREE POINT BOLABASKET DITINJAU DARI KEMAMPUAN GERAK DASAR

Christianto, Herlambang Joko (2017) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP SHOOTING THREE POINT BOLABASKET DITINJAU DARI KEMAMPUAN GERAK DASAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (60Kb)

    Abstract

    Kata kunci: Pendekatan pembelajaran progresif, Pendekatan pembelajaran repetitif, kemampuan gerak dasar, shooting three point bolabasket. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran progresif dan bagian repetitif terhadap hasil belajar shooting three point bolabasket. (2) Perbedaan hasil belajar kemampuan shooting three point bolabasket antara siswa yang memiliki kemampuan gerak tinggi dan rendah. (3) Pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap hasil belajar belajar shooting three point bolabasket. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 X 2. Populasi penelitian adalah siswa ekstrakurikuler bolabasket putra SMA Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel yang diambil sebanyak 36 siswa, terdiri dari 18 siswa yang memiliki kemampuan gerak tinggi dan 19 siswa yang memiliki kemampuan gerak rendah. Variabel penelitian yaitu variabel bebas terdiri dari variabel manipulatif dan variabel atributif, serta satu (1) variabel terikat. Variabel manipulatif terdiri dari pendekatan pembelajaran progresif dan repetitif. Variabel atributif terdiri dari kelompok sampel dengan kemampuan gerak tinggi dan rendah. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan shooting three point bolabasket. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Pengambilan data kemampuan shooting three point bolabasket dengan tes shooting three point bolabasket. Pengambilan data kemampuan gerak dilakukan dengan barrow motor ability test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varians dan pengujian hipotesis dengan perhitungan uji F pada taraf signifikan 0,05 %. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu, (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran progresif dan repetitive, dimana diperoleh Fo = 5,818 dan nilai p = 0,022 (P<0.05). Dimana pendekatan pembelajaran dengan metode repetitive sedikit lebih baik dari pada metode progresif terhadap hasil belajar shooting three point bolabasket. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok dengan kemampuan gerak dasar tinggi dan gerak dasar rendah, dimana diperoleh Fo = 41.374 dan nilai p = 0,000 (P<0.05). Kemampuan gerak dasar tinggi lebih baik dari pada kemampuan gerak dasar rendah terhadap hasil belajar shooting three point bolabasket. (3) Ada pegaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap kemampuan shooting three point bolabasket, dengan hasil F0 = 7.919 dengan dan nilai p = 0,008 (P<0.05). Kesimpulan: (1) Ada perbedaan antara pendekatan pembelajaran progresif dan metode bagian repetitif terhadap hasil belajar shooting three point bolabasket. Pengaruh pembelajaran dengan metode bagian repetitive sedikit lebih baik dari pada metode bagian progresif. (2) Ada perbedaan hasil belajar shooting three point bolabasket yang signifikan antara siswa yang memiliki kemampuan gerak dasar tinggi dan rendah. Peningkatan hasil belajar shooting three point bolabasket pada siswa yang memiliki kemampuan gerak tinggi lebih baik daripada kemampuan gerak rendah. (3) Ada pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan tingkat kemampuan gerak terhadap hasil belajar shooting three point bolabasket.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 23 Jul 2017 09:44
    Last Modified: 23 Jul 2017 09:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34063

    Actions (login required)

    View Item