PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MADIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2016/2017

MQ, FITRIANING ARRIZALAH (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MADIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (849Kb)

    Abstract

    vi Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan media konkret, (3) menemukan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan non tes (observasi, wawancara, dokumentasi), dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati media konkret, (b) menanya mengenai media konkret, (c) mencoba dengan menggunakan media konkret, (d) menalar dengan bantuan media konkret, (e) mengkomunikasikan hasil dengan bantuan media konkret, (2) penerapan pendekatan pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat, terbukti dengan adanya peningkatan persentase jumlah ketuntasan siswa, yaitu pada siklus I mengalami kenaikan dari pertemuan 1 sebesar 70,4% menjadi 100% pada pertemuan 2. Pada siklus II juga mengalami kenaikan dari pertemuan 1 sebesar 89,3% menjadi 92,3% pada pertemuan 2, (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) beberapa siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, (b) siswa kurang aktif bertanya, (c) siswa kurang aktif saat berdiskusi, (d) siswa melebihi waktu yang ditentukan, (e) siswa tidak tertib saat pembelajaran. Adapun solusinya, yaitu (a) guru mengingatkann siswa untuk memperhatikan dan sering bertanya kepada siswa yang tidak memperhatikan, (b) guru meningkatkan pemberian motivasi kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan, (c) guru meminta siswa untuk berpendapat saat diskusi, (d) guru mengingatkan waktu yang tersisa pada lima menit terakhir dan menghentikan siswa saat waktu berakhir, (e) menegur dan mengingatkan siswa untuk tertib. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 1 pejagoan tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Media Konkret, Matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 22 Jul 2017 22:35
    Last Modified: 22 Jul 2017 22:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34052

    Actions (login required)

    View Item