ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN PT. BANK PEMBANGUNAN JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PERIODE 2011 – 2015

ARISUWANDI, DWIANTINIA AISYAH (2017) ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN PT. BANK PEMBANGUNAN JAWA BARAT DAN BANTEN, Tbk DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PERIODE 2011 – 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (405Kb)

    Abstract

    Penelitian ini disusun seiring dengan berkembangnya tingkat kinerja suatu bank milik pemerintah, dimana tingkat kinerja merupakan salah satu alat pengontrol kelangsungan hidup suatu bank. Dari laporan keuangan tersebut, maka dapat diketahui tingkat kesehatan suatu bank. Adapun kategori yang digunakan dalam penilaian kesehatan adalah Sangat Sehat, Sehat, Cukup Sehat, Kurang Sehat, dan Tidak Sehat. Data yang digunakan adalah laporan keuangan tahunan selama tahun 2011-2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah posisi tingkat kesehatan PT. Pembangunan Jawa Barat dan Banten, dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Jenis peneltian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data meggunakan metode CAMEL. Metode ini terdiri dari 5 aspek yaitu Capital (permodalan), Asset Quality (kualitas aset), Management (manajemen), Earning (rentabilitas), dan Liquidity (likuiditas). Aspek permodalan menggunakan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio); aspek kualitas asset menggunakan rasio KAP (Kualitas Aktiva Produktif) dan rasio NPL (Net Performing Loan); aspek manajemen menggunakan rasio NPM (Net Profit Margin); aspek rentabilitas menggunakan rasio ROA (Return On Asset), rasio ROE (Return On Equity), BOPO (Beban Operasional/Pendapatan Operasional) dan rasio NIM (Net Interst Margin); kemudian aspek likuiditas menggunakan rasio LDR (Loan To Deposit Ratio). Dari pengolahan data yang telah dilakukan, diketahui bahwa sejak tahun 2011 hingga tahun 2015 Bank selalu mendapat predikat Sangat Sehat dalam seluruh aspek CAMEL. Untuk menjaga rasio likuiditas, bank sebaiknya terus meningkatkan kemampuan dalam memelihara kecukupan kas. Bank juga harus berhati-hati dalam mengelola pinjaman sehingga dapat memperhatikan jumlah aktiva yang dimiliki sebagai perhitungan dalam melunasi hutang jangka pendek yang jatuh tempo. Kata Kunci : Analisis CAMEL (Capital, Asset quality, Management, Earnings and Liquidity), Tingkat Kesehatan Keuangan, PT. Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 22 Jul 2017 21:39
    Last Modified: 22 Jul 2017 21:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34040

    Actions (login required)

    View Item