PENGEMBANGAN BUKU AJAR APRESIASI CERPEN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI WILAYAH SURAKARTA

Susilowati, Dwi (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR APRESIASI CERPEN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI WILAYAH SURAKARTA. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2138Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan karena kemampuan siswa SMP di Wilayah Surakarta dalam mengapresiasi cerpen masih kurang sebab buku ajar yang tersedia belum sepenuhnya memenuhi. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mendiskripsikan kualitas bahan ajar apresiasi cerpen dalam buku paket yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia, menemukan dan merumuskan kebutuhan guru dan siswa terhadap buku ajar apresiasi cerpen, menghasilkan buku ajar apresiasi cerpen, dan menemukan keefektifan buku ajar apresiasi cerpen dengan pendekatan kontekstual di SMP. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan: (1) eksplorasi; (2) pengembangan; dan (3) pengujian. Melalui tahapan tersebut, dirancang sebuah Buku Ajar Apresiasi Cerpen dengan Pendekatan Kontekstual di SMP yang meliputi konstruktivisme, inkuiri, masyarakat belajar, bertanya, pemodelan, refleksi, dan penilaian otentik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran apresiasi cerpen dibutuhkan buku ajar yang memadai. Selanjutnya dalam mewujudkan buku ajar tersebut dilakukan dengan penyusunan draf, uji coba di SMP A, uji coba di SMP B, uji coba di SMP C, dan lokakarya dengan melibatkan expert’s judgement. Keefektifan buku ajar diperoleh melalui eksperimen dengan hasil bahwa populasi berdistribusi normal, seluruh siswa mempunyai varian yang sama atau homogen, ada perbedaan yang signifikan kemampuan apresiasi cerpen siswa yang diajar dengan buku ajar apresiasi cerpen dengan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diajar dengan buku paket atau buku pelajaran bahasa Indonesia.. Kata Kunci: buku ajar, cerita pendek, pendekatan kontekstual

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Doktor
    Pasca Sarjana > Doktor > Pendidikan Bahasa Indonesia - S3
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 22 Jul 2017 21:33
    Last Modified: 22 Jul 2017 21:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34039

    Actions (login required)

    View Item