PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST (CBT) SEBAGAI SARANA EVALUASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016

Lestari, Dwi (2017) PENGGUNAAN COMPUTER BASED TEST (CBT) SEBAGAI SARANA EVALUASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (900Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik evaluasi pada mata pelajaran Sejarah sebelum Computer Based Test (CBT) diterapkan di SMA Negeri 1 Boyolali; (2) pelaksanaan Computer Based Test (CBT) sebagai sarana evaluasi pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Boyolali; (3) kendala dalam pelaksanaan Computer Based Test (CBT) dan upaya penyelesainnya dalam evaluasi pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Boyolali; (4) dampak/pengaruh penggunaan CBT terhadap efektivitas penilaian pada mata pelajaran Sejarah di SMA N 1 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian atau cuplikan dilakukan secara selektif atau biasa disebut purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data atau sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) teknik evaluasi mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Boyolali sebelum menggunakan CBT masih konvensional atau disebut papper based test; (2) pelaksanaan penggunaan CBT di SMA Negeri 1 Boyolali melalui tiga tahap yaitu perencanaan, penyusunan soal dan pelaksanaan; (3) kendala pelaksanaan CBT di SMA Negeri 1 Boyolali yaitu koneksi internet yang tidak stabil, cara mengatasinya siswa melakukan tethering dengan hp, hambatan selanjutnya adalah listrik mati, cara mengatasinya yaitu dengan mengganti jadwal tes dan masalah ketertiban serta keamanan saat tes yaitu adanya aksi saling bertukar jawaban, upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menanamkan sikap tanggung jawab dan kejujuran pada siswa, jadwal tes yang berbeda juga memungkinkan terjadinya kebocoran soal, cara mengatasinya yaitu soal dibuat beberapa paket dan diacak; (4) dampak/pengaruh CBT pada efektivitas penilian dapat dilihat dari beberapa hal yaitu efektivitas waktu, penilaian yang objektif, mengurangi tindakan curang, efektivitas pensekoran, dan ekonomis. Kata Kunci: Evaluasi, Computer Based Test (CBT), Efektivitas Penilaian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 22 Jul 2017 21:16
    Last Modified: 22 Jul 2017 21:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34036

    Actions (login required)

    View Item