PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) DI KANTOR CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA.

PURNAMASARI, DIYAN (2017) PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) DI KANTOR CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (700Kb)

    Abstract

    Pengadaan barang dan atau jasa merupakan kegiatan untuk memperoleh barang atau jasa yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan hingga diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang dan atau jasa tersebut baik melalui swakelola maupun melalui pemilihan penyedia barang atau jasa. Dalam prosedur pengadaan barang dan jasa akan dilakukan susunan proses pengadaan barang maupun jasa untuk mendapatkan barang maupun jasa yang sesuai dengan strategi PT. Angkasa Pura I (Persero) kantor cabang bandar udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta tetapkan yaitu dengan tepat kualitas, tepat kuantitas, tepat waktu, tepat sumber dan tepat harga. Pengamatan ini dilakukan dengan observasi berperan aktif yaitu peneliti tidak bersikap pasif hanya sebagai pengamat, tetapi memainkan berbagai peran yang dimungkinkan dalam situasi yang berkaitan dengan penelitinya dengan mempertimbangkan posisi yang bisa memberi akses yang bisa diperolehnya untuk bisa dimanfaatkan bagi pengumpulan data yang lengkap dan mendalam. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara siklus, mulai dari tahap pengumpulan data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan dan ikut serta berpartisipasi pada sub Bagian Procurement Section Head PT. Angkasa Pura I (Persero) di Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan PT. Angkasa Pura I (Persero) di Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta dilakukan dengan tahap prakualifikasi berdasarkan Kep.84/PL.02/2015. Tahap-tahap prosedur Pengadan barang dan jasa adalah dari pengumuman pelelangan, prakualifikasi, undangan melalui VMS (Vendor Management System), Unggah Dokumen, Pendaftaran oleh peserta lelang, download dokumen oleh peserta lelang, Aanwijzing, lalu rapat dari pembukaan dokumen penawaran hingga evaluasi kewajaran harga , lalu rapat hasil pelelangan, penetapan pemenang, pengumuman penetapan pemenang, sanggah, usulan surat penunjukan, penerbitan Purchasing Order (PO). Kesimpulan dari tugas akhir ini yaitu Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa PT. Angkasa Pura I (Persero) di Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta sesuai dengan pedoman Keputusan PT. Angkasa Pura I (Persero) Nomor : Kep.84/PL.02/2015, Peraturan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 dan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 70 Tahun 2012, sehingga Urutan proses hingga hasil pelelangan pengadaan barang dan jasa sudah mengikuti alur yang ada, jadi tidak menyalahgunakan aturan untuk melakukan Pengadaan Barang dan Jasa. Kata kunci : Prosedur, Pengadaan Barang dan Jasa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 22 Jul 2017 21:09
    Last Modified: 22 Jul 2017 21:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34035

    Actions (login required)

    View Item