PENGARUH METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN 2016/2017

Rosita, Deta (2017) PENGARUH METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (602Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mengetahui pengaruh metode Field Trip untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa tunarungu kelas V SLB-B YRTRW Surakarta Tahun 2016/2017. Dalam penelitian ini, populasi yang dipakai yaitu seluruh kelas V SLB –B YRTRW Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu non probabilitas sehingga sampel yang terpilih kelas V berjumlah 6 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan tes kinerja. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik yaitu Wilcoxon Sign Rank Test, dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan metode Field Trip berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa tunarungu kelas V SLB B YRTRW Surakarta Tahun 2016/2017. Melalui metode Field Trip dalam proses pembelajaran menulis deskripsi oleh siswa, terdapat peningkatan nilai secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis deskripstif bahwa peningkatan rata-rata nilai antara pretest dan posttest, diperoleh rata-rata pretest 39,17 dan posttest 78,33 dan test statistic nilai pretest dan posttest menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi yang ditentukan yaitu 0,05. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan anatara hasil pretest dan posttest yaitu Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,026 < taraf signifikansi = 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah metode Field Trip berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi pada siswa tunarungu kelas V SLB-B YRTRW Surakarta Tahun 2016/2017 Kata kunci : Pengaruh, Metode Field Trip, menulis deskripsi, siswa tunarungu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 18 Jul 2017 17:58
    Last Modified: 18 Jul 2017 17:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34023

    Actions (login required)

    View Item