PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 4 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

WINNARTI, DESY (2017) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 4 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1088Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan pendekatan RME dengan media kertas lipat, (2) meningkatkan pembelajaran soal cerita pecahan melalui penerapan pendekatan RME dengan media kertas lipat, (3) menemukan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan RME dengan media kertas lipat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan RME dengan media kertas lipat dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) memahami masalah konstektual menggunakan kertas lipat, (b) menyelesaikan masalah konstektual secara individu menggunakan kertas lipat, (c) mendiskusikan hasil jawaban dalam kelompok kecil menggunakan kertas lipat, (d) mempresentasikan hasil diskusi menggunakan media kertas lipat, (e) menyimpulkan hasil diskusi, (2) penerapan pendekatan RME dengan media kertas lipat jika sesuai dengan langkah langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan pada siswa kelas III SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dibuktikan dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 85%, siklus II 88,33%, dan siklus III 93,33%. (3) kendala dalam penerapan RME ini, bagi guru yaitu: (a) guru kurang memperhatikan waktu, (b) guru kurang mengelola kelas. Pada siswa yaitu (a) ada beberapa siswa yang bermain sendiri saat diskusi kelompok, (b) siswa kurang aktif saat presentasi kelompok. Solusinya yaitu: (a) guru lebih memperhatikan waktu, (b) guru lebih meningkatkan penguasaan kelas. Sedangkan bagi siswa yaitu (a) siswa diberi nasehat agar lebih aktif, (b) memberikan reward kepada siswa yang aktif . Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan RME dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan pada siswa kelas III SD N 4 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: RME, Kertas Lipat, Matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 18 Jul 2017 17:54
    Last Modified: 18 Jul 2017 17:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34022

    Actions (login required)

    View Item