ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UPAH PEKERJA SEKTOR INDUSTRI DI JAWA TENGAH TAHUN 2015 (STUDI KASUS DATA SAKERNAS 2015)

Kusumaningtyas, Dessy Putri Ayu (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UPAH PEKERJA SEKTOR INDUSTRI DI JAWA TENGAH TAHUN 2015 (STUDI KASUS DATA SAKERNAS 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (736Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat upah pekerja sektor industri di Jawa Tengah tahun 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan cross section yang merupakan data Sakernas dengan 4032 sampel. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Log Linear Berganda. Data yang dianalisis adalah data tentang tingkat upah, pendidikan, jenis kelamin, umur, daerah tempat tinggal, jam kerja dan pengalaman bekerja pekerja sektor industri di Jawa Tengah. Hasil ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel pendidikan, jenis kelamin, umur, daerah tempat tinggal, jam kerja, dan pengalaman bekerja berpengaruh signifikan terhadap tingkat upah pekerja sektor industri. Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat upah. Semakin tinggi pendidikan tenaga kerja semakin tinggi tingkat upahnya. Pengalaman bekerja semakin tinggi pengalaman kerja, semakin tinggi tingkat upah. Jenis kelamin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat upah, dimana pekerja laki laki memiliki tingkat upah yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Daerah tempat tinggal berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat upah pekerja sektor industri, dimana pekerja yang bertempat tinggal di perkotaan memiliki tingkat upah lebih tinggi dibandingkan di pedesaan. Jam kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat upah, artinya semakin tinggi jam kerja, semakin tinggi tingkat upah. Kata kunci: tingkat upah, tenaga kerja, sektor industri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 18 Jul 2017 17:31
    Last Modified: 18 Jul 2017 17:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34019

    Actions (login required)

    View Item