IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN

YUNIATI, ASTUTI (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (929Kb)

    Abstract

    Astuti Yuniati. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di Salah Satu SD Negeri di Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016/2017) . Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017 Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis metode Outdoor Study guna meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan pada siswa kelas V di salah satu SD Negeri di Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah saya dan siswa kelas V di salah satu SD Negeri di Klaten yang berjumlah 22 siswa. Sumber data berasal dari saya, siswa, dan peristiwa pembelajaran sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara guru kelas, siswa, observasi/pengamatan kinerja guru dan siswa dan dokumentasi penelitian. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi serta triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa kelas V pada kondisi awal adalah 31,82% . Pada siklus I persentase ketuntasan kelas mengalami peningkatan menjadi 61,90 %. Pada siklus II persentase ketuntasan kelas mengalami peningkatan menjadi 86,67%. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis metode Outdoor Study dengan langkah-langkah yang saya terapkan dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung pecahan pada siswa kelas V di salah satu SD di Klaten pada tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Kemampuan operasi hitung pecahan, Teams Games Tournament, Outdoor Study, SD

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 18 Jul 2017 09:07
    Last Modified: 18 Jul 2017 09:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34011

    Actions (login required)

    View Item