UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD 3 DEMAAN KECAMATAN KOTA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Utami, Fajar Sri (2009) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD 3 DEMAAN KECAMATAN KOTA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (699Kb)

    Abstract

    Menurut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang disusun oleh Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional (2006: 9), secara umum mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut : “(1) Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, (2) Menghargai dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, dan bahasa Negara, (3) Memahami Bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, (4) Menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional, dan sosial, (5) Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan berbahasa, (6) Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.” Menulis sebagai salah satu aspek keterampilan berbahasa yang ikut ditekankan dalam tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia (lihat butir 1 di atas) merupakan suatu hal yang sangat penting dibinakan kepada para siswa, ketika mereka mengikuti pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Keberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran salah satu faktor pendukungnya adalah ditentukan oleh keterampilan mereka dalam menulis. Oleh karena itu pembelajaran keterampilan menulis memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Menulis sebagai salah satu aspek kemampuan berbahasa wajib dikuasai dan dimiliki oleh siswa. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Djago Tarigan dan Henry Guntur Tarigan (1987: 187) bahwa pelajar dituntut terampil menulis. Mereka harus dapat menulis surat lamaran, dinas, membuat undangan, menulis naskah berpidato, membuat laporan, menulis karya tulis ilmiah, dan sebagainya. Kemampuan menulis tidak hanya khusus bagi siswa tetapi bagi guru kemampuan menulis mutlak diwajibkan. Pertama, untuk menyusun bahan pengajaran. Kedua, dalam menyusun buku teks. Bagi guru bahkan diperlukan untuk membuat laporan penelitian tindakan kelas secara tertulis. Belum lagi dalam berbagai kegiatan seperti seminar, ceramah, diskusi, dan sebagainya yang bersangkutan dituntut untuk menyusun makalah. Kegiatan menulis telah menjadi kebutuhan bagi setiap individu, sehingga untuk hidup dalam masyarakat dan teknologi modern seseorang haruslah melek huruf. Dikatakan oleh Rubin, 1983: vii). Kesulitan dalam menulis merupakan cacat yang serius dalam kehidupan (Rubin, 1983: vii). Namun, perlu disadari bahwa keterampilan menulis itu tidaklah diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses pembelajaran yang sebagian besar merupakan tugas dan tanggung jawab pengajar (guru). Oleh karena itu, dalam mata pelajaran dan sastra Indonesia di SD, kemampuan menulis sangat penting diperhatikan pembinaannya. Menulis merupakan suatu bentuk manifestasi kemampuan atau keterampilan berbahasa paling akhir dikuasai pelajar atau mahasiswa setelah mereka mampu menyimak, berbicara, dan membaca. Dibanding tiga kemampuan berbahasa tersebut, menulis lebih sulit dikuasai bahkan oleh penulis asli bahasa yang bersangkutan sekalipun (Burhan Norgiyantoro, 2001: 270). Hal itu dapat dimaklumi sebab kemampuan menulis mensyaratkan penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur di luar bahasa itu sendiri yang akan menjadi isi tulisan. Baik bahasa maupun unsur isi haruslah terjalin sedemikian rupa sehingga menghasilkan tulisan yang runtut dan padu, kohesif, dan koheren.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Andika Setiawan
    Date Deposited: 13 Jul 2013 21:57
    Last Modified: 13 Jul 2013 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3401

    Actions (login required)

    View Item